Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Kawasan Tanjung Ketapang Belum Ada Izin Tambang, Kapolda Babel: Jika Ada Aktivitas Maka Itu Ilegal

Irjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama jajaran dan TNI serta PT Timah lakukan pengecekan terhadap aktivitas tambang laut di Perairan Sukadamai Toboali

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat (mengenakan rompi) saat menaiki kapal cepat pada Jumat, (16/4/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama jajaran dan TNI serta PT Timah lakukan pengecekan terhadap aktivitas tambang laut di Perairan Sukadamai Toboali pada Jumat, (16/4/2021).

Dengan menaiki sebuah kapal cepat, rombongan ini menyisiri setiap ponton apung yang ada di Perairan Sukadamai Toboali dan sekitarnya untuk memastikan kondisi terkini di Laut Sukadamai dan sekitarnya termasuk di Batu Perahu dan Tanjung Ketapang.

Setelah melakukan patroli di Perairan Sukadamai Toboali, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menyebutkan dirinya dari Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama PT Timah sengaja melakukan kunjungan ke Toboali khususnya ke kawasan penambangan Ponton Isap Produksi (PIP) dan Kapal Isap Produksi (KIP).

Menurut jenderal bintang dua ini, dirinya melakukan kunjungan ini lantaran adanya komplain dari masyarakat nelayan mengenai penanganan penambangan ponton.

"Kemarin itu ada komplain dari masyarakat mengenai penanganan PIP yang diduga melakukan pengembangan pencarian tambang hingga ke Tanjung Ketapang sehingga saat ini kita sudah lakukan pengecekan secara langsung," ungkap Anang kepada awak media.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung,  Irjen Pol Anang Syarif Hidayat didampingi Kapolres Bangka Selatan,  AKBP Agus Siswanto seusai melakukan patroli di Perairan Sukadamai Toboali pada Jumat, (16/4/2021)
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat didampingi Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto seusai melakukan patroli di Perairan Sukadamai Toboali pada Jumat, (16/4/2021) (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Ia juga menegaskan kepada masyarakat jika hingga kini PT Timah Tbk belum membuka peluang akan menjadikan Kawasan Tanjung Ketapang sebagai wilayah tambang kepada pihak tambang.

Menurut orang nomor satu di Mapolda Kepulauan Bangka Belitung ini, jika ada penambang yang beroperasi di kawasan Tanjung Ketapang maka aktivitas itu pasti ilegal.

Ia turut mengingatkan masyarakat jika memang ada aktivitas tambang yang dianggap ilegal atau tidak memiliki izin resmi maka jangan sangkan untuk melaporkannya kepada kepolisian khsusunya di Kabupaten Bangka Selatan untuk melaporkannya ke Polres Bangka Selatan. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved