Breaking News:

Ramadhan 2021

Lemang Minang, 22 Tahun Buk Padang Buat Lemang Tiap Ramadhan

Rudi cucu buk Padang memang sudah sejak kecil ikut neneknya itu membuat lemang, mulai dari bangun subuh menaruhkan beras ketan

Andini Dwi Hasanah
Proses pembuatan lemang buk Padang di rumahnya di Pintu Air Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lemang merupakan salah satu kuliner populer saat Ramadhan. Makanan berbahan dasar beras ketan ini pun kerap dijumpai di pasar-pasar ramadhan di sejumlah ruas jalan termasuk Kota Pangkalpinang.

Tangan Raisya (78) tampak piawai membolak balikan bambu berisikan beras ketan dan santan yang bejejer di depan kayu bakar.

Sejak pukul 09:00 WIB Lemang sudah dibakar menggunakan kayu bakar, dan akan diangkat pukul 12:00 WIB nanti.

Raisya atau yang kerap disapa buk Padang oleh tentangganya sudah sejak tahun 1999 lalu Malamang yang dalam bahasa Minangkabau berarti membuat lemang setiap bulan suci ramadhan.

Kini buk padang tak lagi mampu membuat lemang sendiri, tubuh tuanya membuat ia tak tahan berlama-lama di depan kayu bakar. Resep turun menurun malemang dari sang ibunya dulu pun ia turunkan ke cucunya Rudi (25).

Rudi cucu buk Padang memang sudah sejak kecil ikut neneknya itu membuat lemang, mulai dari bangun subuh menaruhkan beras ketan dan santan ke dalam bambu hingga menjajakannya ke pasar sudah biasa bagi Rudi sejak kecil.

Sesekali Rudi terlihat menyeka peluh yang mengalir dipinggir pipinya, membolak-balikan dan menambah kayu bakar untuk pembakaran.

Kata Rudi, membuat lemang hingga matang bisa memakan waktu sekitar lima jam, yang tahan selama dua hari.

Tak hanya membantu proses pembuatan hingga pembakaran, Rudi pula lah yang menjajakan lemang di pasar dadakan ramadhan  di Jalan Masjid Jami Kota Pangkalpinang.

Satu hari lemang yang disebut lemang buk Padang itu bisa membuat 100 batang lemang yang dibandrol Rp35 ribu di pasar takjil ramadhan.

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved