Breaking News:

Berita Pangkalpinang

SPSI Babel Nilai Posko Pengaduan THR Tak Efektif, Siap Bantu Hak Pekerja

Tak usah bicara pandemi Covid-19, THR memang berpolemik, tambah lagi masalah pandemi, seolah-olah perusahan memanfaatkan dengan alasan pandemi

Dok/Darusman
Ketua SPSI Babel, Darusman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bangka Belitung, Darusman menilai posko pengaduan yang dibuka oleh Dinas Ketenagakerjaan provinsi maupun kota dan kabupaten di Bangka Belitung tidaklah efektif untuk mengatasi permasalahan pembayaran tunjangan hari raya (THR) keagamaan.

"Hampir tiap tahun THR di Bangka Belitung itu bermasalah bahkan THR tahun kemarin juga belum selesai dibayar, itu juga ada. Setiap tahun, Disnaker pasti mengadakan posko pengaduan dan kami nilai itu tidak efektif, mestinya dari sekarang harus bekerja, jangan dadakan, jadi saya bilang posko itu formalitas, tak ada yang tuntas masalah THR," ujar Darusman, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: THR Paling Lama Dibayar H-7, Tidak Ada Lagi Dibayar Separuh, Perusahaan Mampu Jangan Pura-pura

Dia juga mempertanyakan hasil kerja dari posko pengaduan THR dari segi tindakan hukum yang diterapkan bagi perusahaan yang melanggar.

Apabila pengawasan dan tindakan dilakukan tegas oleh dinas terkait maka permasalah THR akan bisa diminimalisir.

"Bagi pekerja yang sudah terorganisir dengan serikat kerja, tidak begitu berpengaruh (permasalahan THR-red), dalam kesepakatan bersama sudah jelas. THR itu bukan kebijakan dadakan, THR itu sudah merupakan anggaran yang disiapkan oleh perusahaan setiap tahunnya, jadi tidak ada alasan," lanjut Darusman.

Ia menyebutkan memang bagi perusahaan menengah ke bawah itu jenis usaha yang cenderung terpengaruh oleh pandemi Covid-19 tetapi bagi perusahan besar seharusnya tidak ada masalah.

"Tak usah bicara pandemi Covid-19, THR memang berpolemik, tambah lagi masalah pandemi, seolah-olah perusahan memanfaatkan dengan alasan pandemi. Memang ada dalam aturan, tapi perusahan yang tidak mampu itu seperti apa? Maka harus diaudit dulu," katanya.

SPSI Bangka Belitung selalu terbuka dalam menerima aduan para pekerja atau buruh dan akan membantu hak mereka.

"Kami sebagai organisasi dan mitra pemerintah sangat terbuka bila ada pihak yang mengeluh bila THR tidak dibayar atau dicicil, masih ada. Padahal bila kembali ke UU, setiap orang yang bekerja di badan hukum, perusahaan atau perorangan wajib dibayarkan. Pengaduan itu kami tampung dan kami salurkan kepada pengawas," kata Darusman. (Bangkapos.com/Cici)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved