Breaking News:

Menikah di KUA Gratis Rp 0, Kemenag Kota Pangkalpinang Sediakan Mobil Layanan Nikah

Berdasarkan regulasi kementerian agama nikah yang di jam kerja dan dilaksanakan di kantor urusan agama (KUA) setempat itu gratis 0 rupiah.

Bangkapos.com
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim menyebutkan, berdasarkan regulasi kementerian agama nikah yang di jam kerja dan dilaksanakan di kantor urusan agama (KUA) setempat itu gratis 0 rupiah.

"Jadi dari Senin-Jumat yang dilaksankan di KUA itu gratis 0 rupiah tanpa dipungut biaya apapun, tetapi kalau menikahnya itu diluar kantor sekalipun dijam kerja itu harus bayar ke negera melalui PNBP sebesar Rp600 ribu dimanpun pasangan nikah ingin melangsungkan akad nikah," Sabtu (17/4/2021).

Rohim sapaan akrab Abdul Rohim menyebutkan  bagi masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan di KUA kini Kemenag Kota Pangkalpinang menyediakan mobil layanan nikah yang diberi nama Molen Senyum PGK

Mobil layanaan nikah dapat mengantar jemput pasangan nikah hingga keluarga dari rumah ke KAU setempat.

"Jadi tidak perlu sewa, Kemenag Kota Pangkalpinang menyiapakan kendaraan roda empat yaitu Molen Senyum dan mobil ini gratis jadi pasangan nikah tinggal pesan saat mendaftar nikah di KUA, nanti mobil ini akan jemput kerumahnya diantar ke KUA lalu setelah selesai diantar kembali kerumah," jelasnya.

Tak hanya itu, pasangan pengantin nantinya akan dapat langsung buku nikah, dan kartu nikah dari Kemenag Kota Pangkalpinang. Dan dari Disdukcapil Kota Pangaklpinang langsung keluar KTP baru status menikah dan tiga kartu keluarga.

"Ini kerja sama Kemenag Kota Pangkalpinang dengan Disdukcapil, langsung keluar tiga ksrtu keluarga, kartu keluarga orang tua, kartu keluarga yang baru nikah, dan kartu keluarga mertua. Sehingga proses ini lebih memudahkan masyarakat tanpa ada pungutan lain," sebutnya.

"Untuk masyarakat kota Pangkalpinang yang ingin membutuhkan layanan ini silahkan datang ke KUA tempat mendaftar kemudian nanti akan kita layani dengan sistem yang bergiliran," tambahnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved