Breaking News:

Prakiraan BMKG: Bangka Belitung Masih Terjadi Hujan Lebat Hingga Akhir April, Berpotensi Petir

BMKG Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, memperkirakan Wilayah Bangka Belitung masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Penulis: Yuranda | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/dokumentasi
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, memperkirakan Wilayah Bangka Belitung masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, hingga akhir April 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I B, Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, kepada Bangkapos.com, Sabtu (17/4/2021)

Kata Kurniaji, menurut pantauan BMKG dan analisanya, masih terjadi penguatan aliran massa udara basah dari Asia ke Australia (monsoon barat laut) dan didukung oleh kecepatan angin yang cenderung calm.

"Saat ini, sehingga kombinasi dari dua fenomena ini menyebabkan potensi pembentukan awan-awan konvektif, masih cukup besar dan kemudian berdampak pada seringnya turun hujan sedang hingga lebat di wilayah Babel dua pekan terakhir," kata Kurniaji.

Periode hujannya tersebut, masih terjadi pada siang hingga sore dan disusul dini hari baik, di Pulau Bangka maupun di Pulau Belitung.

"Seperti yang sering saya sampaikan jika potensi pembentukan awan-awan konvektif besar, maka potensi hujan sedang hingga lebat," ungkapnya

Katanya, awan konvektif yang terbentuk, berpotensi petir dan angin kencang juga besar, karena tiga hal itu semua adalah produk dari awan konvektif atau yang sering disebut sebagai Cumulonimbus.

"Potensi itu juga sudah kami sampaikan di prakiraan cuaca harian per tiga jam,  per kecamatan yang rutin kami share dan diperkuat lagi dengan info peringatan dini cuaca," katanya

Peringatan dini cuaca wilayah Bangka Belitung, yang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Wilayah yang terjadi hujan, Kecamatan Belinyu, Riausilip, Kelapa, Parit Tiga, Jebus, Tempilang, Bakam, Pudingbesar, Mendo Barat, Sungaiselan, Simpangrimba, Payung, Pulau Besar.

Kondisi itu dapat meluas ke Kecamatan Simpangteritip, Muntok, Pemali, Sungailiat, Merawang, Gerunggang, Simpangkatis, Pangkalan Baru, Rangkui, Girimaya, Gabek, Pangkalbalam, Tamansari, Bukitintan, Namang, Koba, Airgegas, Toboali, dan sekitarnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved