Breaking News:

6 Tanaman Herbal yang Baik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh

(Kompas.com)
Ilustrasi Pegagan 

BANGKAPOS.COM - Guna mendapatkan sistem kekebalan tubuh, umat muslim maupun masyarakat umum salah satunya bisa mengonsumsi tanaman herbal berkhasiat.

Sekadar diketahui, saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat islam sangat dianjurkan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Apalagi, masyarakat dunia, termasuk di Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Setiap orang membutuhkan imunitas yang baik supaya tidak mudah terserang virus corona baru penyebab Covid-19.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi tanaman herbal.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menyampaikan ada sejumlah jenis tanaman herbal yang secara empiris dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik dikonsumsi guna mencegah berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Menurut dia, beberapa tanaman seperti bawang putih, temulawak, kunyit, dan meniran tersebut juga aman atau baik juga dikonsumsi saat bulan puasa.

Perbedaannya hanya terletak pada waktu mengonsumsi ramuan tanaman herbal, mengingat pada bulan puasa umat muslim hanya diperbolehkan makan dan minum setelah magrib sampai imsak.

Tanaman herbal ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus 2-3 jenis bahan kering masing-masing 10 gram dalam 400 ml air atau 2 gelas air selama 15 menit.

Kemudian, minum 2 kali sehari.

Halaman
1234
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved