Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Pemkab Bangka Selatan Larang ASN Cuti Jelang Lebaran, Termasuk Mudik ke Luar Daerah

Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan edaran larangan bepergian ke luar daerah dan atau mudik bagi aparatur sipil negara (ASN) menjelang

bangkapos.com
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori.(Bangkapos/Jhoni Kurniawan) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan edaran larangan bepergian ke luar daerah dan atau mudik bagi aparatur sipil negara (ASN) menjelang Perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M pada Tanggal 6-17 Mei 2021 nanti.

Pelarangan bepergian ke luar daerah dan atau mudik maupun cuti diatur sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 08 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik atau cuti bagi pegawai aparatur sipil negara dalam masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Menanggapi SE Nomor 8/2021 Menpan-RB ini, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) turut mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/293/BKPSDMD/2021 tentang larangan serupa di Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori, Senin (19/4/2021) menyatakan, surat edaran ini dibuat sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kemungkinan berpotensi meningkat akibat perjalanan orang di tengah Pandemi Covid-19.

"Melalui SE yang telah ditandatangani oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid pada Senin, (12/4/2021) lalu, seluruh ASN dilarang mudik maupun cuti selama periode 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 mendatang," ujar Achmad Ansyori.

Achmad Ansyori menambahkan sesuai SE 8/2021 ini, ASN tidak diperkenankan mengajukan cuti.

"Secara umum tidak diperkenankan mengajukan cuti kecuali memang mendesak seperti cuti melahirkan, cuti sakit dan itupun harus disertai dengan perjanjian," imbaunya.

Ia menegaskan jika masih ada ASN yang melaksanakan baik itu perjalanan ke luar daerah, mudik maupun cuti maka akan dikenakan sanksi disiplin.

"Kalau memang ada ASN yang masih melanggar maka akan diberikan sanksi disiplin sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," katanya.

Demi tetap menjaga kesehatan dan keamanan, Achmad Ansyori berharap ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan tidak melakukan perjalanan ke luar daerah maupun mudik atau cuti. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved