Breaking News:

Berita Sungailiat

Pendapatan Baznas Bangka Menurun Gara-gara Pandemi Covid-19

Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan mustahiq

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan mustahiq (penerima zakat) di rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (19/04/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan mustahiq (penerima zakat) di  rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (19/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bangka Syahbudin dan para pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Ketua Baznas Kabupaten Bangka HM Nasir Hasan dan undangan lainnya.

Ketua Baznas Kabupaten Bangka, HM Nasir Hasan mengatakan jumlah santunan yang akan dibagikan sebanyak 2.000 KK tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka dengan besaran santunan Rp 250.000 per KK.

"Besok kita InsyaAllah akan turun ke lapangan sesuai jadwal ke kecamatan-kecamatan, nanti santunan ini diserahkan kepada para kades masing-masing bagian kesra selanjutnya diserahkan kepada para mustahiq yang sudah terdaftar," kata Nasir Hasan.

Diungkapkannya santunan ini berasal dari hasil pengumpulan zakat selama 3 bulan, Januari, Februari dan Maret 2021 sebanyak Rp 450 juta.

"Tahun lalu besarannya Rp 350.000 per KK karena ada penurunan pendapatan tahun ini sehingga tahun ini hanya Rp 250.000 per KK," tukas Nasir Hasan.

Diakuinya pada saat sebelum ada wabah pandemi Covid-19, pendapatan Baznas Kabupaten Bangka bisa mencapai Rp 200 juta lebih per bulan, namun saat ini pendapatan berkurang hanya sekitar Rp 150.000 jutaan per bulan.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan memang kondisi pendapatan zakat di Baznas dalam dua tahun terakhir ini terjadi penurunan karena adanya musibah bencana non alam Penyehatan penularan wabah Covid-19 saat ini.

"Memang saat ini semua sektor mengalami hambatan dan gangguan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk juga sektor dunia usaha juga mengalami gangguan sehingga pendapatan juga menurun," kata Mulkan.

Mulkan mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu memberikan dukungan dan bantuan kepada Baznas Kabupaten Bangka sebagai lembaga pengelola dan.penyalur zakat yang dikumpulkan dari masyarakat.

" Saya selalu katakan tidak ada seseorang bila bersedekah akan menjadikannya bangkrut atau miskin, bahkan InsyaAllah akan dilipatgandakan rejekinya oleh Allah SWT, jadi janganlah takut untuk bersedekah," ujar Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved