Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Rp 542,1 Miliar APBN Terserap di Pulau Bangka Triwulan I 2021, Belanja Pegawai Paling Besar

Realisasi belanja yang bersumber dari APBN di lingkup Pulau Bangka pada triwulan I 2021 mencapai sekitar Rp542,1 miliar.

ist/Puji Hartoyo Humas KPPN Pangkalpinang
Kepala KPPN Pangkalpinang, Esti Dwi Arvina. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Realisasi belanja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) di lingkup Pulau Bangka pada triwulan I 2021 mencapai sekitar Rp542,1 miliar.

APBN dikelola oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pangkalpinang.

Kepala KPPN Pangkalpinang, Esti Dwi Arvina di ruang kerjanya, Senin (19/4/2021) mengatakan, dana APBN yang dikelola oleh KPPN Pangkalpinang  terdiri dari belanja kementerian atau lembaga (K/L) dan  transfer Dana ke Daerah dan Dana Desa.

"Untuk Periode triwulan I, total belanja K/L di kepulauan Bangka mencapai 15,72 persen atau sebesar Rp400,2 miliar dari total alokasi pagu tahun 2021 sebesar Rp2,456 trilirun," ungkap Esti dalam rilis kepada Bangkapos.com, Senin (19/4/2021).

“Alokasi sebesar 2,456 triliun  tersebut terdiri dari alokasi Belanja Pegawai, Belanja Barang, Belanja Modal dan Belanja Bansos,” katanya lagi.

Menurutnya, capaian realisasi belanja pegawai terserap sebesar Rp178,2 Miliar, belanja barang mencapai Rp146,6 Miliar belanja modal senilai Rp72,9 Miliar, sedangkan Belanja Bansos sebesar Rp2,45 miliar.

"Capaian Belanja K/L triwulan ini telah mencapai target realisasi 15 persen yang ditetapkan oleh pemerintah, serta meningkat baik dari segi persentase maupun pagu dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," sebutnya.

Esti mengatakan, selain itu terdapat peningkatan realisasi belanja modal pada triwulan I 2021 apabila dibandingkan dengan realisasi belanja modal di triwulan yang sama tahun lalu.

"Selain Belanja Kementerian/Lembaga, KPPN Pangkalpinang juga mengelola penyaluran Dana Transfer ke  Daerah dan Dana Desa," ucapnya.

Terkait dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) kata Esti, KPPN Pangkalpinang mengelola Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar 1,2 Triliun Rupiah yang terdiri dari DAK Fisik, DAK Non Fisik (Bantuan Operasional Sekolah)  dan Dana Desa.

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved