Breaking News:

Berita Kesehatan

Tips Sehat Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Saat Berpuasa  

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan cairan akibat jarang mengonsumsi air putih dan juga tidak ada aktivitas pengunyahan.

istimewa
Dokter Gigi Dee Dental Clinic sekaligus Puskesmas Benteng Bangka Tengah, drg Mardhiyah (Foto Ist). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan cairan akibat jarang mengonsumsi air putih dan juga tidak ada aktivitas pengunyahan.

Dokter Gigi Dee Dental Clinic sekaligus Puskesmas Benteng Bangka Tengah, drg Mardhiyah mengatakan akibatnya produksi saliva (air liur) akan berkurang.

"Di mana salah satu fungsi saliva itu sendiri sebagai antiseptik untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan pemicu munculnya gangguan pada gigi dan mulut lainnya," ujar drg Mardhiyah, Senin (19/4/2021).

Namun jangan khawatir, ia memberikan tujuh hal yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi meliputi :

1. Perbanyak Minum Air 

Disarankan untuk minum air putih 8-10 gelas setiap harinya yang dapat dilakukan saat berbuka, sebelum tidur dan sahur.

2. Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Lebih suka dan sering konsumsi makanan dan minuman yang manis selama bulan puasa maka perlu ekstra dalam pembersihan gigi untuk mencegah kerusakan gigi.

"Sikat gigi selama bulan Ramadan dapat dilakukan setelah sahur dan sebelum tidur karena Sikat gigi taratur dan benar merupakan cara yang paling efektif untuk membersihkan sisa makanan dari permukaan gigi serta meminimalisir terjadinya masalah gigi seperti bau mulut, gigi berlubang dan karang gigi," kata drg Mardhiyah.

Penggunaan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi juga dapat dilakukan jika sisa makanan tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved