Breaking News:

Berita Sungailiat

Angka Stunting Kabupaten Bangka Turun 1,96 Persen, 2023 Targetkan Zero Stunting

Pemkab Bangka melalui Tim Pemberantasan Stunting melaksanakan pertemuan rembuk stunting di Hotel Novilla Sungailiat

Bangkapos.com/Edwardi
Pemkab Bangka melalui Tim Pemberantasan Stunting melaksanakan pertemuan rembuk stunting di Hotel Novilla Sungailiat, Selasa (20/04/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkab Bangka melalui Tim Pemberantasan Stunting melaksanakan pertemuan rembuk stunting di Hotel Novilla Sungailiat, Selasa (20/04/2021).

Kegiatan dibuka Bupati Bangka Mulkan, dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin menjadi narasumber.

Kegiatan dihadiri Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka Mendra Kurniawan, anggota DPRD Kabupaten Bangka Romlan, perwakilan GOW, Forum Bangka Sehat, Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat, media massa, MUI, Kemenag Kabupaten Bangka, para pejabat dan kepala OPD, para camat, kades/lurah dan stakeholder lainnya.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama seluruh stakeholder untuk  membantu melaksanakan penurunan dan pemberantasan stunting.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan angka prevalensi stunting balita di Kabupaten Bangka menurun dari 2013-2020.

"Pada tahun 2013 angka stunting di Kabupaten Bangka 32,27 persen, 2018 angka stunting 23,9 persen, 2019 turun menjadi 20,86 persen dan 2020 terus turun menjadi 1,96 persen dan tahun 2023 kita menargetkan zero stunting," kata Mulkan.

Dilanjutkannya, karena itulah untuk melakukan pekerjaan menurunkan angka stunting ini perlu ada kerja sama berbagai konvergensi kelembagaan.

"Bersama Kemenag Kabupaten Bangka kita melakukan komitmen bersama untuk mengantisipasi terjadinya pernikahan dini, sebab pernikahan dini juga menjadi salah satu faktor terjadinya stunting," ujar Mulkan.

Selain itu juga bekerja sama dengan media massa untuk menyebarkan kepada masyarakat kalau stunting ini sangat berbahaya yang bisa mengganggu pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak, serta rawan terserang penyakit.

"Ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk menurunkan angka stunting ini, dimana pemerintah harus berkomitmen bersama-sama fokus untuk menurunkan angka stunting ini, dan Kuta juga selalu melakukan kampanye secara nasional untuk memberikan informasi secara keseluruhan," kata Mulkan.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved