Breaking News:

Ramadhan 2021

Ayung Sudah 30 Tahun Memproduksi Pantiau Menu Khas Berbuka Puasa, Langganannya Banyak

Pantiau merupakan makanan khas Bangka, saus bumbu pada kuahnya terbuat dari olahan daging ikan. Sekilas makanan ini seperti Kwetiau.

BANGKA.COM, BANGKA - Pantiau merupakan makanan khas Bangka, saus bumbu pada kuahnya terbuat dari olahan daging ikan. Sekilas makanan ini seperti kwetiau.

Makanan ini terbuat dari beras dan tepung tapioka diolah dan dibentuk seperti mie dalam ukuran lebih besar, tipis dan lebar.

Di saat Ramadan, pantiau menjadi menu andalan untuk berbuka puasa, makanan ini banyak dijumpai di pusat jajanan kuliner ramadan maupun warung-warung di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Sebagian besar pantiau yang dijual para pedagang jajanan tradisional itu berasal dari Pantiau Ayung yakni salah satu tempat pembuatan Pantiau di Kota Pangkalpinang.

Ayung warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, telah sekitar 30 tahun menekuni usaha pembuatan pantiau

Kiki, anak Ayung mengatakan dalam satu hari pembuatan pantiau berkisar hingga 25-30 kilogram. Rata-rata pantiau dibeli oleh pelanggan tetapnya.

"Usaha membuat pantiau ini dari bapak, secara turun temurun kurang lebih hampir 30 tahun, jadi sayang kalau tidak dilanjutkan," kata Kiki saat ditemui Bangkapos.com, Senin (19/4/2021).

Pantiau Ayung merupakan usaha rumahan yang masih menggunakan alat tradisional dengan resep keluarga dan sudah dilakukan secara turun temurun.

Harga 1 keping pantiau yang belum di masak dengan kuah ikan dibanderol cukup murah hanya Rp 4000.

Rata-rata pembeli berasal dari warung-warung pantiau dan usaha pantiau rumahan. (Bangkapos.com/Resha Juhari)

Penulis: Resha Juhari
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved