Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BPOM Pangkalpinang Senang, 100 Sampel Takjil Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang melakukan pemeriksaan 100 sampel makanan menu berbuka puasa

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Saat petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang melakukan pemeriksaan 100 sampel makanan menu berbuka puasa (takjil) di seputaran kota Pangkalpinang, Selasa (20/4/2021) sore 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang melakukan pemeriksaan 100 sampel makanan menu berbuka puasa (takjil) di seputaran kota Pangkalpinang, Selasa (20/4/2021) sore.

Ada empat lokasi penjualan jajanan takjil pinggir jalan yang diambil yakni di area Jalan Mentok Pangkalpinang, Air Itam, Selindung, dan Bukit Merapin kota Pangkalpinang.

Mobil pemeriksaan BPOM ini berada di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, sistematis pemeriksaan ini, petugas mengambil sampel pada lokasi yang ditentukan kemudian diujikan di mobil pemeriksaan.

Empat parameter yang diujikan yakni formalin, boraks, rhodamin B, dan metalin yellow, pasalnya empat bahan berbahaya ini kerap disalah gunakan dalam proses pembuatan makanan.

"Pada hari ini kita melakukan pengujian apada empat tempat lokasi di kota Pangkalpinang, dari 100 sampel itu seluruhnya negatif, (tak ada bahan berbahaya-red), kami sangat senang, artinya kita berharap masyarakat selama ini sudah perhatian dan peduli terhadap keamanan pangan," ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang, Hermanto kepada awak media.

Lebih lanjut, ia menyebutkan BPOM Pangkalpinang secara rutin akan terus melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman menu berbuka puasa ini.

"Bila ada temuan tentunya petugas tahu siapa yang menjual saat sampling, nanti akan ditanya siapa yang membuatnya, kita sampaikan bahannya berbahaya, kenapa digunakan?, kalau belum tahu, kita berikan edukasi tapi kalau sudah tahu kita berikan peringatan," kata Hermanto.

Selain itu, BPOM Pangkalpinang juga melakukan pengawasan makanan dan minuman kemasan di swalayan dan pasar.

"Untuk memeriksa makanan yang baik, kami tetap sampaikan kepada masyarakat tetap Cek Klik paling mudah, cek kemasan dalam kondisi baik atau tidak rusak, cek label, lihat cara penyimpanan, cek izin edar dan cek tanggal kadaluarsa," kata Hermanto.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved