Breaking News:

Otomotif

Dinyalakan Hanya Saat Berhenti, Ini Kegunaan Lampu Hazard pada Sepeda Motor

Saat ini berbagai motor dengan kapasitas mesin 150 cc sudah dibekali fitur lampu hazard, misalnya Honda PCX, ADV, Yamaha Free Go, dan R15.

dolanotomotif.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Saat ini berbagai motor dengan kapasitas mesin 150 cc sudah dibekali fitur lampu hazard, misalnya Honda PCX, ADV, Yamaha Free Go, dan R15.

Fitur ini tersedia karena masukan dari para kosumen yang semula hanya ada pada motor dengan kapasitas mesin besar alias moge, minimal 250 cc ke atas.

Meski begitu, semakin mudahnya memiliki motor dengan fitur lampu hazard ini juga bisa menimbulkan bahaya di jalan.

Pasalnya, masih banyak yang awam dengan fungsi dari fitur lampu hazard, jadi malah dipergunakan dengan tidak semestinya.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun @dashcamindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pengendara motor wanita yang menyalakan lampu hazard ketika sedang berhenti di lampu merah.

Aturan wajib menyalakan lampu hazard saat dalam keadaan darurat sebenarnya sudah tertuang dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang berbunyi:

"Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan," jelas Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani.

Ia mengatakan, lampu hazard hanya boleh dipergunakan dalam kondisi darurat pada kendaraan sesuai dengan peraturan pemerintah.

"Lampu hazard pada sepeda motor memang kerap disalahgunakan oleh pengendara. Biasanya lampu ini digunakan sebagai tanda rombongan yang sedang melakukan touring di jalan raya atau berada di persimpangan jalan. Padahal kondisi tersebut bertolak belakang dengan kegunaan lampu hazard yang sesungguhnya," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Agus melanjutkan, biasanya lampu hazard terdapat di mobil atau kendaraan besar, fitur ini untuk penanda bagi pengguna jalan lainnya bahwa kendaraan tersebut sedang dalam kondisi atau keadaan darurat.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved