Breaking News:

Ramadhan 2021

Jaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan, Ini Tips Waktu Olahraga yang Tepat Menurut dr Riza

Jaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan, Ini Tips Waktu Olahraga yang Tepat Menurut dr Riza

freepik.com
Ilustrasi olahraga di malam hari 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa, berolahraga juga penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

"Tentu saja berolahraga boleh saat puasa, tapi harus diperhatikan intensitas waktu dan waktu berolahraganya, serta olahraga yang dipilih," ujar Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Umum Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Koordinator Wilayah Kerja Bandara Depati Amir Pangkalpinang, dr Riza Jayanti, Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut, ia menyarankan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah sore hari.  Sementara itu, olahraga yang bisa dipilih adalah olahraga yang intensitas ringan seperti joging santai, bersepeda, yoga, pilates, taici, renang dan jalan cepat.

Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza Jayanti
Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza Jayanti (Ist/dr Riza Jayanti)

dr Riza juga memberikan tips waktu yang tepat untuk melakukan olaharaga saat bulan puasa meliputi:

1. Sebelum Berbuka Puasa

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa tentunya adalah sebelum berbuka puasa. Hal ini sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan.

Setelah berolahraga, yang tentunya menggunakan sisa energi, kemudian bisa langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang.

Sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Hal inilah yang menyebabkan berolahraga sebelum buka puasa merupakan waktu terbaik. Namun tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan.

Pasalnya, masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

Halaman
12
Editor: M Zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved