Breaking News:

Melati Erzaldi Canangkan Deshandra Craft Jadi Sentra Kerajinan Lidi Nipah

KACE - Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi

Diskominfo Babel
Melati Erzaldi saat berkunjung ke Industri Kecil Menengah (IKM) pengrajin lidi nipah, di Kace Kabupaten Bangka, Senin (19/04/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mencanangkan Deshandra Craft menjadi sentra kerajinan lidi nipah. 

"Saya senang melihat perkembangan yang begitu pesat pada Deshandra Craft. Segera galeri ini akan dijadikan sentra kerajinan," ungkap Melati Erzaldi saat berkunjung ke Industri Kecil Menengah (IKM) pengrajin lidi nipah, Senin (19/04/2021) di Kace Kabupaten Bangka. 

Beranjak dari memanfaatkan lidi kelapa saat pandemi, Deshandra Craft sejak September 2020 memulai eksperimen dengan lidi nipah.

Setelah lima kali mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Babel,  Eva, pemilik Deshandra Craft bersama suami memberanikan diri untuk mulai membuat kerajinan dengan kreativitas dan keterampilan yang mereka dapat dari pelatihan-pelatihan.

Produk yang dibuat berupa laundry basket, cermin, hingga tempat parcel dan souvenir. 

Produk olahan lidi nipah ini kemudian berkembang dengan baik dan diminati pasar lokal maupun nasional. Bahkan, bertepatan dengan kunjungan Ketua Dekranasda Babel hari ini, Deshandra Craft mendapat kabar gembira.

Produk mereka diapprove untuk di pasarkan di Amazona melalui pemasaran langsung dan juga media sosial. 

Tak hanya itu, Deshandra Craft juga memiliki kerajinan batik.

Batik yang dibuat di galeri ini adalah batik cap dengan mal yang dibuat manual dari kardus.

Motifnya mengangkat tema tentang keunggulan-keunggulan Babel. 

Halaman
123
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved