Breaking News:

Ramadhan 2021

Mengintip Masjid Al-Husna Kampung Jawa, Masjid Tertua di Kota Sungailiat Berdesain Modern

Berdiri sejak tahun 1960, masjid Masjid Al Husna diklaim oleh Kemenag Kabupaten Bangka sebagai masjid tertua yang terdapat di Kota Sungailiat.

Editor: El Tjandring
bangkapos.com/vigestha repit
Masjid tertua di Kota Sungailiat, Masjid Al-Husna, Jalan Kartini 1, Kampung Jawa, Kelurahan Sri Menanti, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka (20/04/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Biru dan minimalis, adalah dua kata yang pas untuk menangkap suasana ketika berada di Masjid Al Husna, Jalan Kartini 1, Kampung Jawa, Kelurahan Sri Menanti, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Berdiri sejak tahun 1960, masjid ini diklaim oleh Kemenag Kabupaten Bangka sebagai masjid tertua yang terdapat di Kota Sungailiat.

Awalnya, Masjid Al-Husna hanyalah sebuah bangunan ibadah sederhana berbentuk surau. Berukuran 7 x 7 meter pada saat itu, surau tersebut dulunya hanya mampu menampung sekitar 100 jamaah.

Seiring perkembangan waktu dan jumlah penduduk yang kian bertambah di permukiman tersebut, pemerintah merasa perlunya ada perluasan bangunan. Surau tersebut pun kemudian direnovasi menjadi sebuah masjid pada sekitar awal tahun 2000-an.

"Pada saat itu bangunannya diperluas menjadi 11 x 11 meter dan menambah kapasitas menampung jamaah sekitar 200 orang," ujar Sudirganto, Ketua Pengurus Masjid Al-Husna kepada Bangkapos.com, Selasa (20/04/2021).

Masjid tersebut pun terus mendapat bantuan dan banyak perhatian, sehingga terus direnovasi menjadi lebih baik dan diperluas.

Diakui Sudirganto, renovasi ini tak hanya karena ingin menambah kapasitas jamaah, tetapi juga karena posisi mihrab masjid yang tidak lagi simetris sehingga diperlukannya perbaikan. Selain itu juga karena masyarakat setempat ingin masjid tersebut diperindah agar lebih nyaman ketika menjalankan ibadah.

Pada tahun 2020, masjid ini kembali dipugar dan dilakukan perluasan bangunan menjadi 16 x 16 meter.

Tak hanya itu, perluasan bangunan tersebut juga dilakukan dengan penambahan lantai dua agar dapat menampung lebih banyak jamaah.

"Penambahan lantai dua ini guna menambah kapasitas jamaah. Diharapkan perluasan ini dapat menampung hingga kurang lebih 400 jamaah," kata Sudirganto.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved