Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pembangkit Listrik Tenaga Thorium Bakal Dibangun di Bangka Belitung, Erzaldi: Patut Berbangga

Yang pastinya patut berbangga ThorCron memilih daerah kita dari tiga daerah berharap kita betul dapat mengambil peluang ini

bangkapos.com
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT Thorcon International, Pte. Ltd asal Amerika Serikat mulai menjajaki daerah untuk melihat potensial pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berbasis tenaga Thorium atau Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT)

Bangka Belitung menjadi daerah yang dipilih untuk dilakukan studi sebelum PLTT tersebut dibangun.

Mengenai rencana tersebut, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan, perusahaan tersebut baru survei sebelum melakukan pembangunan.

Baca juga: Pakar Nuklir Ini Ingatkan Bahaya Tailing Timah Karena Mengandung Unsur Radioaktif Berbahaya

"Sekarang mereka menjajaki melakukan survei berkenaan keinginan mereka untuk berinvestasi di Babel. Namun, mereka minta survei dahulu mengenai kebijakan bagaimana nanti izin terhadap PLTT itu keputusan di pak Presiden ada keputusan presidennya (Kepres) kita tunggu seperti apa," jelas Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman kepada Bangkapos.com, Selasa (20/4/2021) di Dishub Babel.

Mantan Bupati Bangka Tengah ini, mengatakan dengan adanya investasi dari 
PT Thorcon International, Pte. Ltd menjadi kebanggaan Provinsi Babel karena menjadi pilihan sebagai lokasi pembangunan PLTT.

"Yang pastinya patut berbangga ThorCron memilih daerah kita dari tiga daerah berharap kita betul dapat mengambil peluang ini. Karena sumber daya bahan bakar banyaknya di Babel dan termasuk zirkon salah satu bahan untuk penggerak reaktor. Namanya zirkonium, atau zirkon berkadar 65 persen bila ditingkatkan menjadi 98 persen menjadi zirkonium, material reaktor thorium,"ujarnya.

Erzaldi menambahkan, dalam melakukan studi, beberapa perguruan tinggi di Indonesia termasuk Universitas Bangka Belitung bakal dilibatkan.

"Studi kerjasama dengan UBB, selain itu ada ITB dan lain sebagainya kami sudah melihat dan mendengar UBB, ITB dan dua perguran tinggi dari Amerika,"jelas Erzaldi. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved