Breaking News:

Beragam Cara Mencegah Bau Mulut, Salah Satunya Dengan Kopi Pahit

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Di antaranya, penyakit tertentu dan gaya hidup yang tidak sehat

Ode/Majalah Bobo
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Meski bukan masalah medis yang gawat, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. 

Melansir alodokter.com, jika Anda mengalami masalah serupa, memahami cara menghilangkan bau mulut bisa membantu mengembalikan rasa percaya diri Anda.

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal.

Namun studi menunjukkan, 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut.

Penyakit tertentu serta gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan mulut kita mengeluarkan aroma tidak sedap.

"Bau mulut bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes atau infeksi pada paru-paru," kata dokter gigi umum Drg Poul Derikson Haholongan Sitompul dalam acara "Menjaga Kesehatan Mulut & Tenggorokan di Bulan Puasa" yang disiarkan live di akun Instagram @my.kindoflife pada Jumat (16/4/2021).

"Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, juga bikin bau mulut," imbuhnya.

Baca juga: Zakat sebagai Solusi Mengatasi Kemiskinan

Disampaikan Poul, menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa adalah langkah penting untuk membuat gigi dan mulut senantiasa bersih.

Kondisi gigi dan lidah juga harus diperhatikan.

"Bisa kita gunakan dental floss atau benang gigi. Pastikan gigi tidak berlubang dan tidak ada sisa makanan di sela-sela gigi."

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved