Breaking News:

Otomotif

Penting Bawa APAR, Cegah Penambahan Kasus Mobil Terbakar

Kasus mobil terbakar terjadi lagi di daerah Gandaria, Jakarta Selatan. Kejadian ini tidak bisa dianggap sepele dan sepatutnya dijadikan pelajaran.

posbelitung.co/Ferdi Aditiawan
Petugas pemadam kebakaran dan warga membantu memadamkan kebakaran mobil Daihatsu Sigra yang terbakar usai mengisi BBM di SPBU Jalan Pilang, Desa Dukong, Kabupaten Belitung, Jumat (24/1/2020). 

BANGKAPOS.COM - Kasus mobil terbakar terjadi lagi di daerah Gandaria, Jakarta Selatan.

Kejadian ini tidak bisa dianggap sepele dan sepatutnya dijadikan pelajaran.

Disebutkan mobil tiba-tiba terbakar saat dikendarai. Menurut saksi mata, sempat terdengar ledakan di sela-sela kebakaran.

"Tadi situasinya lampu merah. Pas lampu ijo kebakar," ujar Endang saat ditemui Kompas.com di lokasi kebakaran, Senin (19/4/2021) siang.

Untuk itu, penting bagi setiap mobil untuk membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Sehingga, jika terjadi kebakaran, dapat langsung ditangani.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, APAR memang bukan alat utama tapi bisa menjadi alat pelengkap ketika dibutuhkan untuk memadamkan api saat kecelakaan, atau bahkan menolong orang lain yang membutuhkan.

"Saat kecelakaan, besar kemungkinan percikan api muncul dari mobil yang mengalami benturan dan gesekan. Karena jangan sampai kita menjadi penonton apabila mobil mengalami kebakaran. Bukan masalah di-cover oleh asuransi, tapi tanggung jawabnya," kata Sony.

Budianto, pemerhati masalah transportasi, juga mengatakan hal yang senada. Menurutnya, dengan adanya APAR di setiap mobil, kebakaran mobil bisa dicegah agar tidak semakin meluas dan merembet ke bagian lainnya.

"Adanya APAR minimal kalau terjadi kebakaran ada tindakan yang cepat atau preventif sehingga kebakaran tidak menjalar yang lebih besar atau untuk menekan resiko yang lebih besar," ujar Budianto. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Kasus Mobil Terbakar, Ini Pentingnya Bawa APAR"

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved