Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Satgas Pangan Provinsi Pastikan Stok Pangan Aman, Lakukan Sidak ke Pasar dan Distributor

Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di beberapa tempat, Rabu (21/4/2021).

Bangkapos.com/Widodo
Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) usai menggelar sidak ke distributor Liu Kim Jalan Koba Pangkalpinang, Rabu (21/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di beberapa tempat, Rabu (21/4/2021).

Sasaran sidak antara lain; Pasar Pagi Jalan A Yani Dalam, Pasar Pembangunan, Pasar Modern (Transmart), Hypermart dan distributor Liu Kim Jalan Koba Pangkalpinang.

Sidak ini dipimpin langsung oleh Ketua Tim Satgas Pangan Babel yang diwakili oleh Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Babel AKBP Arif Kurniatan, Kadis Perindag Babel Sunardi, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang Saifuddin Zuhri dan perwakilan Bank Indonesia Babel serta KSOP Pangkalpinang.

Kasi Perindustrian dan Perdagangan Dalam Negeri (PPDN), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mardian menyebutkan sidak bertujuan untuk memastikan stok dan harga bahan pokok.

Ia mengimbau, apabila ada harga barang yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET), masyarakat bisa melapor ke Tim Satgas Pangan Provinsi Bangka Belitung.

"Penetrasi pasar atau sidak yang kami lakukan ini bertujuan untuk memastikan harga dan ketersediaan (stok) barang di beberapa pasar dan distributor. Kami ingin melihat ada atau tidak barangnya," ujar Mardian.

Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan pengecekan ke pasar dan ke distributor apabila terjadinya kelangkaan Bapok.

"Kalau terjadinya kelangkaan kami akan cek distributornya, dicek apakah stoknya habis atau karena apa," sebut Kasi PPDN.

Selain itu, Tim Satgas Pangan juga rutin melakukan pengecekan harga bahan pokok agar mencegah lonjakan harga agar tak melebihi harga eceran tertinggi (HET).

"Apabila sudah melewati HET akan kita lihat dulu masih dalam kewajaran atau tidak dan apabila masih tinggi, tentunya ada penindakan," ujar Mardian.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved