Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Satu Pekan Terakhir Kota Pangkalpinang Sudah Kembali Zona Kuning, Kadinkes Minta Tetap Ingat Prokes

Kata Hakim, hal ini dibuktikan dengan jumlah pertumbuhan kasus yang juga menurun, tak ada lagi tambahan kasus setiap harinya hingga 50an kasus.

bangkapos.com
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH) menyebutkan, sejak satu pekan terkahir kota Pangkalpinanh sudah kembali ke zona kuning kembali. Setelah sejak akhir tahun 2020 lalu kasus terus meningkat hingga status menjadi zona merah.

Kata Hakim, hal ini dibuktikan dengan jumlah pertumbuhan kasus yang juga menurun, tak ada lagi tambahan kasus setiap harinya hingga 50an kasus.

"Kan perhitungannya perdua minggu sekali, nah sudah satu minggu ini berdasarkan perhitungan Pangkalpinang sudah memasuki zona kuning kembali, pergerakannya perlahan dari merah, turun ke orange, dan sekarang kuning, mudah-mudahan akan segera kembali ke hijau," ungkap Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (21/4/2021).

Kata Hakim, penentuan zona wilayah ada hitungan dalam satu minggunya, untuk menentukan warna zonasi suatu kabupaten dan kota, pemerintah menggunakan beberapa indikator. Masing-masing indikator akan dihitung menggunakan skor penilaian.

"Jika dalam satu minggu ada peningkatan dua kali lipat dari jumlah sebelumnya dapat dikatakan zona merah, nah kita setelah dihitung justru ada penurunan, jadi saat ini kita sudah kembali ke zona kuning," sebutnya.

Hakim berharap, dengan perubahan zona dan menurunnya angka penyebaran kasus ini tidak pula membuat masyarakat lupa dengan protokol kesehatan.

"Kita memang ada penurunan tapi ini bukan untuk dibuat abai, sehingga masyarakat meninggalkan prokes, tapi kita harus tetap waspada minimal pakai masker dan mencucui tangan," ujarnya.

"Semoga ini bisa kita pertahankan, terus menurun hingga zona hijau, makanya peran aktif masyarakat juga sangat penting dalam penurunan kasus ini," tambahnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved