Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Delapan Kontainer Zirkon Kena Tarif Parkir di Pelabuhan, Makin Lama Biaya Semakin Bertambah

Delapan kontainer yang berisikan zirkon, sebanyak 200 ton masih terparkir rapi di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kamis (22/4/2021)

Bangkapos.com/Yuranda
Deputy General Manager Pendukung Operasi PT Pelabuhan Tanjung Priok Cabang Pangkalbalam, Taufiq Budi 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Delapan kontainer yang berisikan zirkon, sebanyak 200 ton masih terparkir rapi di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kamis (22/4/2021)

Delapan peti kemas tersebut tampak tersegel, sebelumnya kontainer-kontainer itu diturunkan dan dibongkar untuk diambil sampelnya oleh berbagai pihak.

Pengambilan sampel tersebut guna mengetahui hasil dari kadar zirkon, yang sebelumnya juga sudah diambil dan dilakukankan penguji dimasing-masing laboratorium.

Pengecekan dan pengujian itu akan dilakukan di Kementerian ESDM dalam hal ini Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin, Sucofindo dan Bea Cukai.

Namun untuk kontainer yang terparkir di Pelabuhan Pangkalbalam itupun dikenai biaya atau trip parkir oleh otoritas pelabuhan dalam hal ini PT Pelabuhan Tanjung Priok, Cabang Pangkalbalam.

Delapan kontainer di Pelabuhan, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Kamis (22/4/2021)
Delapan kontainer di Pelabuhan, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Kamis (22/4/2021) (Bangkapos.com/Yuranda)

Deputy General Manager Pendukung Operasi PT Pelabuhan Tanjung Priok Cabang Pangkalbalam, Taufiq Budi mengatakan delapan kontainer dikenakan biaya, Rp 10.000 per hari.

"Iya, pastinya dikenakan biaya, satu kontainer 10 ribu per kontainer. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya lainnya, dimulai masuk, pemakaian alat, dan pengangkutan ke kapal, serta lainnya," kata Taufiq Budi, Kamis (22/4/2021)

Menurutnya, jika penumpukan kontainer dalam jangka yang lama, maka ada perhitungannya. Semakin lama maka biaya pun akan membengkak. Seperti halnya delapan kontainer Zirkon tersebut, susah masuk 19 hari berada di Pelabuhan.

"Dengan trip yang sama Rp 10 ribu perhari dan per kontainer. Intinya berapa lama barang itu akan semakin bertambah biayanya," ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved