Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Distribusi Vaksin Terhambat di Belitung, Ada Perubahan Alur Distribusi

Distribusi vaksin Covid-19 di Belitung terhambat hingga vaksinasi di puskesmas berhenti sementara.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)
Bupati Bangka Tengah saat menemani pelaksanaan vaksinasi tenaga pendidik atau guru muda di Bangka Tengah, Kamis (22/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Distribusi vaksin Covid-19 di Belitung terhambat hingga vaksinasi di puskesmas berhenti sementara.

Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan vaksin sedang dalam proses distribusi.

Baca juga: Puluhan Nakes RS Covid Babel Tak Bergaji Selama 4 Bulan, Sampai Pinjam Duit ke Orangtua

"Kemarin vaksin sudah datang, mungkin belum terdistribusi saja. Kemarin sudah datang untuk kuota Belitung dan Belitung Timur, kita tunggu saja," ujar dr Bangun, Kamis (22/4/2021).

Ia menambahkan hal ini bukan terhambat distribusi tetapi vaksinasi terhenti sementara karena stok vaksin yang belum sampai.

"Bukan terhambat, kita tidak ada menghambat-hambat perjalanan vaksin, jadi dari pusat itu sudah memeriksa dengan aplikasi SMILE, kalau stok di kabupaten kota sudah habis dari itu akan pemerintah pusat akan didistribusi. Kalau vaksin habis bisa redistribusi, misalnya ada puskesmas cakupan kurang bisa digeser ke yang cakupan sudah ada sampai menunggu distribusi selanjutnya," kata dr Bangun.

Lebih lanjut, ia menerangkan stok vaksin juga baru datang lagi kemarin, (22/4/2021) sebanyak 230 vial atau 2.300 dosis vaksin.

"Semua sekarang distribusi dari pusat, dari kementerian kesehatan, Bio Farma langsung ke PT Tempo sebagai pedagang besar farmasi yang telah ditunjuk, langsung dari situ akan didistribusi ke kabupaten kota, jadi alurnya begitu," kata dr Bangun.

Maka nanti ada persentase tersendiri untuk buffer stok vaksin yang berada di pemerintah provinsi Bangka Belitung.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved