Breaking News:

Berita Sungailiat

News Analysis : Akbar Yulandra, Pakar Teknologi Nuklir, Bahas Potensi Thorium dan Uranium 

Menindaklanjuti rencana pemerintah pusat ingin membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), berbahan baku Thorium (Th) di Provinsi Kepulauan Ban

bangkapos.com
Pakar Teknologi Nuklir dan Pengolahan Bahan Mineral alumni S2 Universitas Gadjah Mada, Akbar Yulandra. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menindaklanjuti rencana pemerintah pusat ingin membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), berbahan baku Thorium (Th) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembangungan PLTN di Babel. 

Pakar Teknologi Nuklir dan Pengolahan Bahan Mineral alumni S2 Universitas Gadjah Mada, Akbar Yulandra (26) mengatakan hal 

pertama yang harus mempersiapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, terutama SDM Bangka Belitung itu sendiri untuk mengelola fasilitas PLTN. 

"Kedua perlu dilakukan kajian mendalam terkait kelayakan tapak PLTN, dampak ekonomi, sosial hingga lingkungan perlu dilakukan dengan baik dan benar.," kata Akbar Yulandra, Kamis (22/04/2021) di Sungailiat.

Dilanjutkannya, ketiga perlu adanya regulasi yang baik dan tepat dalam mengatur dari proses pembangunan, berjalannya operasi, penanganan spent fuel (bahan bakar bekas) hingga demkomisioning PLTN itu sendiri. 

"Keempat perlu dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat tentang pembangunan PLTN, kelebihan dan kelemahan dari manfaat PLTN itu sendiri agar tidak penjadi konflik dan polemik di kemudian hari. Terakhir yang kelima tidak kalah penting adalah kita harus bisa memproduksi bahan bakar Thorium itu sendiri untuk menyuplai kebutuhan dari PLTN yang akan dibangun," ujar Akbar Yulandra.

Apa itu Thorium?

Keterdapatan dan potensinya, cara pemisahaannya sebagai mineral ikutan dari timah.

Thorium adalah unsur radioaktif dengan nomor atom 90 dengan isotop paling stabil yaitu 232 (Th-232). 

Thorium dapat digunakan sebagai bahan bakar PLTN seperti Uranium. Kelimpahan Thorium di dunia mencapai 3-4 kali kelimpahan Uraniuam di dunia.

Halaman
123
Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved