Breaking News:

Berita Pangkalpinang

SPAN, Sekolah Perdana Penerbangan di Kota Pangkalpinang

SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Pangkalpinang berdiri pada tahun 2020 sesuai izin dari Dinas Satu Atap dan Dinas Pendidikan Bangka Belitung.

(Bangkapos.com)
Kepala Sekolah SMK Penerbangan Angkasa Nasional Pangkalpinang, Afitriansyah saat Dialog Ruang Tengah, Kamis (22/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Pangkalpinang berdiri pada tahun 2020 sesuai izin dari Dinas Satu Atap dan Dinas Pendidikan Bangka Belitung.

Sekolah di bidang penerbangan ini baru perdana ada di kota Pangkalpinang dan terhitung ada lima di Indonesia yakni di Padang, Medan, Batam dan Pekan Baru.

Alamat sekolah ini berada di Jalan Raya Pasir Padi Kelurahan Temberan Kecamatan Bukit Intan.

Visi sekolah ini menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang terdidik terampil dan profesional di bidang penerbangan dan kedirgantaraan.

Sementara itu, ekstrakurikuler di SPAN Pangkalpinang ini meliputi ketarunaan, english club, paskibra, dan komputer.

"Asumsi penerbang dan penerbangan itu berbeda, kalau penerbang itu adalah orangnya sedangkan penerbangan adalah pesawatnya, di semua body pesawat itu ada jurusannya, bagaimana bisa terbang itu dipelajari di SMK kita ini," ujar Kepala Sekolah SMK Penerbangan Angkasa Nasional Pangkalpinang, Afitriansyah saat Dialog Ruang Tengah, Kamis (22/4/2021).

Ada dua jurusan yang dapat menjadi pilihan calon peserta didik yakni Airflame and Powerplant (Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara) dan Electrical Avionics (Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Electronika Pesawat Udara).

"Mereka ini melaksanakan sekolah selama tiga tahun, pada tahun pertama mereka belajar tentang dasar dulu, muatan umum, lokal dan keahlian, kemudian akan ada Prakerin Skatek (Praktek Kerja Industri). Saat kelas 11 baru mereka belajar kompetensi keahlian, dan di kelas akhir nanti uji kompetensi," jelas Afitriansyah.

Walaupun pandemi Covid-19, para peserta didik tetap menjalankan pembelajaran secara lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Di tengah pandemi ini dalam proses pembelajaran awal secara daring, karena harus mengacu pada dinas pendidikan juga. Tetapi berjalan waktu dan kondisi saat ini, Alhamdulilah pembelajaran bisa secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Peralatan kami sediakan saat belajar tatap muka dan jaga jarak, waktu kami sesuaikan dengan aturan yang telah ditentukan," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Decky Antara.

Lapangan kerja dan pendidikan lanjutan bisa sebagai tenaga mekanik atau teknisi pesawat udara sipil dan militer, menjadi anggota TNI (AU, AD, AL) Polri dan ATC serta perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan Luar Negeri.

Bagi yang berminat, dapat mendaftarkan diri melalui jalur reguler sampai bulan Juni 2021 untuk gelombang kedua dengan melihat informasi lebih lanjut di website www.span-pangkalpinang.sch.id.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved