Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Survei PLTT Segera Dilakukan, Azwari Helmi Minta Masyarakat Diedukasi Supaya Tak Khawatir

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ThorCon International Pte. Ltd bakal melakukan feasibility study dan studi tapak di Provinsi Bangka Belitung.

Bangkapos/Riki Pratama
Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung, Azwari Helmi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ThorCon International Pte. Ltd bakal melakukan feasibility study dan studi tapak di Provinsi Bangka Belitung.

Studi tersebut bakal dilakukan usai lebaran Idul Fitri, mereka akan melakukan survei menentuan lokasi pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Thorium/Nuklir (PLTT) yang direncanakan berada di Pulau Gelasa Kabupaten Bangka Tengah.

Dengan rencana tersebut Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung, Azwari Helmi, mengharapkan tidak hanya studi tapak saja dan berhenti sampai di situ. Dia mengharapkan ini kembali berlanjut hingga tahapan pembangunan nantinya.

"Prinsipnya kan sudah MoU jangan hanya cerita, jadi masyarakat diberikan edukasi yang baik jangan sampai merasa ketakutan, berfikir dan merasakan was-was mendengar nama nuklir ini," kata Azwari Helmi kepada Bangkapos.com, Kamis (22/4/2021).

“Kalau memang pemerintah ingin benar dan ingin serius karena sudah banyak negara maju menggunakan teknologi ini, dilakukan dengan pembangunan PLTN, soal kecelakaan itu sifatnya musibah saja,” katanya lagi.

Azwari Helmi meyakini bahwa teknologi ini sudah canggih, apalagi sekelas negara maju dari Amerika Serikat yang akan melaksanakanya.

"Kita yakin dengan negara besar yang sudah otomatis berpengalaman bila sesuai perencanaan karena ini sangat penting untuk Babel, namun tetap harus memberikan rasa aman dan berfikaran positif," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, berdasarkan hasil reses yang mereka lakukan banyak bertemu masyarakat di Babel khusus di Desa-Desa di Bangka Barat masih banyak yang tidak bisa baca tulis.

"Artinya pemahaman mereka tentang tenaga nuklir dan semacamnya masih sangat kurang sekali. Karena edukasi sangat penting, jangan hanya dengar cerita-cerita yang seram, mengerikan saja.” 

“Kalau memang ada rencana pembangunan segera action, nyata. Jangan nanti tinggal cerita saja, dan di masyarakat sudah heboh," katanya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved