Breaking News:

Ramadhan 2021

Tips Kesehatan : Tiga Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

Berpuasa pada Bulan Suci Ramadan merupakan kewajiban bagi Umat Muslim. Ibadah puasa ini kerap kali mulai diajarkan orang tua

DOK. Shutterstock
Ilustrasi anak kecil mengenakan masker kain 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berpuasa pada Bulan Suci Ramadan merupakan kewajiban bagi Umat Muslim. Ibadah puasa ini kerap kali mulai diajarkan orang tua kepada anak-anaknya sejak dini.

Dokter Spesialis Anak RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang sekaligus Bendahara Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), dr Helfiani, Sp.A menyarankan anak bisa mulai berpuasa pada umur di atas 6 tahun.

"Ada tiga manfaat berpuasa bagi anak-anak, pertama meningkatkan kesehatan saluran cerna. Saat berpuasa sistim pencernaan dapat bekerja membuang racun di dalam tubuh akibat makanan yang mengandung pengawet, penyedap makanan, melalui keringat dan urin.

Kedua, memperkuat mental anak dengan berpuasa dimanfaatkan agar menahan emosi. Hal tersebut juga membantu mereka tumbuh lebih mandiri.

Ketiga, meningkatkan daya tahan tubuh. Ternyata puasa dapat mencegah stress oksidatif pada tubuh, sehingga tidak mudah terjadi peradangan," ujar dr Helfiani, Kamis (22/4//2021).

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar anak kuat dalam menjalankan ibadah puasa meliputi :

1. Jaga anak tetap terhidrasi, berarti anak tidak kurang cairan yang ditandai dengan mata cekung, lemas, bibir kering, BAK berkurang. Anak harus cukup cairan kira-kira minuk 5-6 gelas (200 ml ) dalam kurun waktu 24 jam, dapat berupa air putih, jus, dan susu.

2. Asupan nutrisi harus diperhatikan. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Karbohidratnya bisa nasi, roti, kentang, protein dan lemak: ikan, daging sapi, daging ayam, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran dan multivitamin.

3. Olahraga ringan, menggerakkan sendi leher, bahu, tangan, kaki bisa 1-2 kali seminggu, dan bermain di lapangan terbuka kira-kira 10-15 menit setiap hari atau 2-3 kali seminggu.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved