Breaking News:

Belitung Masuk UNESCO Global Geopark, Inilah 17 Keindahan Geositnya

Belitung atau yang lebih dikenal dengan Belitong, biasa masyarakat Provinsi Kepualauan Bangka Belitung (Babel) menyebut pulau itu.

Penulis: Magang1 | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Pos Belitung / Wahyu
Sejumlah pengunjung sedang bermain di tepi Pantai Bilik, Desa Tanjong Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Sabtu (26/12/2015) sore. 

BANGKAPOS.COM -- Geopark Belitong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah bergabung menjadi UNESCO Global Geopark.

Belitung atau yang lebih dikenal dengan Belitong, ditetapkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO sebagai Global Georpark pada sidang ke-221 tanggal 15 April 2021kemarin.

Belitong Geopark merupakan satu-satunya geopark yang mewakli Asia sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark (UGG) tahun 2021 bersama 7 anggota baru lainnya, yaitu Denmark, Finlandia, Jerman, Itali, Polandia, Yunani.

Pulau ini memiliki sejuta pesona bagi wisatawan domestik ataupun internasional, terutama dengan keindahan alam yang eksotis.

Belitung kini sudah diakui oleh dunia sebagai tempat yang wajib di lestarikan dan dijaga karena keberagaman alamnya. 

Keberagaman itu termasuk lahan, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi Bumi di Belitung.

Geopark adalah sebuah kawasan yang di dalamnya ada berbagai unsur bumi yang punya nilai warisan alam dan budaya, benda alam bersejarah, serta lingkungan.

Berikut Geopark yang ada di Belitung.

1. Juru Sebrang 

Geosite Juru Sebrang adalah daerah yang merupakan bekas penambangan timah. Lokasinya terletak di Kecamatan Tanjung Pandan, tepatnya 5 km dari pusat kota Tanjung Pandan. 

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved