Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pecah Rekor 339 Kasus Baru Dalam Sehari, Satgas Covid-19 Bangka Belitung Ungkap Penyebabnya

Penambahan kasus baru Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung kembali memecahkan rekor pada Jumat (23/4/2021).

Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penambahan kasus baru Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung kembali memecahkan rekor pada Jumat (23/4/2021).

Data yang dilansir Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung penambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 339 kasus dan ini pertama kalinya menyentuh angka ratusan dalam sehari.

Dengan penambahan tersebut total kasus positif Covid-19 di Babel total berjumlah 12.038 kasus, sembuh 267 orang, total 10.460 kasus dan meninggal dunia bertambah 1, total 189 kasus.

Sebaran kasus terbanyak berada di Pangkalpinang 40 orang, Bangka 24 orang, Bangka Tengah 27 orang, Bangka Barat 23 orang, Bangka Selatan 7 orang , Belitung 213 orang, Belitung Timur 5 orang.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan, penyebab meningkatnya kasus karena hasil pemeriksaan rapid test antigen telah dimaksukan dalam laporan harian Covid-19.

Karena, selama ini, pemerintah daerah di Belitung hanya memasukkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) dalam rekapitulasi laporan harian Covid-19 yang disampaikan ke Kementrian Kesehatan.

"Belitung sebelumnya masih menggunakan hasil PCR, tetapi karena telah berubah aturan di Belitung untuk diagnosa kasus positif menggunakan rapid antigen sehingga akumulasinya kasus naik,"jelas Mikron kepada Bangkapos.com, Jumat (23/4/2021).

Dia mengatakan Belitung baru menerapkan diagnosi kasus positif Covid-19 dengan hasil tes rapid antigen saat ini, untuk mengetahui jumlah kasus harian.

"Karena Belitung ini kriteria C, sehingga hasil tes swab rapid diagnosa antigen bisa dimasukkan dalam laporan harian kasus positif. Saat ini yang menggunakan hasil rapid antigen untuk laporan harian hampir diseluruh wilayah Babel. Hanya yang masih menggunakan hasil swab PCR untuk laporan harianya di Kota Pangkalpinang karena dekat dengan Laboratorium swab PCR," terangnya.

Namun, tingginya kasus tersebut kata Mikron, diimbangi dengan kasus kesembuhan di Belitung yang telah mencapai 186 orang pada, hari ini Jumat (23/4/2021).

"Dengan tambahan kasus tersebut, kita meminta untuk Belitung dapat menerapkan Pemberlakuan Pembatan Kegiata  Masyarakat (PPKM) Mikro untuk memutuskan mata rantai penyebaranya, dan terus patuhi protokol kesehatan 3M," katanya.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved