Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pra Peniadaan Mudik Dimulai, Ini Periode dan Ketentuan Dokumen Bila Ingin Bepergian Mulai Besok

PT Angkasa Pura menyampaikan ketentuan regulasi peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H untuk para pelaku perjalanan yang akan berpergian

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Pemeriksaan GeNose di Area Selasar, dekat Parkiran Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Senin (19/4/2021) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT Angkasa Pura menyampaikan ketentuan regulasi peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H untuk para pelaku perjalanan yang akan berpergian.

Hal ini berdasarkan dengan surat edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19, SE 12 Tahun 2021, SE 13 Tahun 2021 dan Addendum SE 13 Tahun 2021.

Baca juga: Penangkapan Terbesar, Bandar Narkoba Warga Sungailiat Pegang ID Wartawan

Ada tiga periode meliputi periode pertama, masa pengetatan mudik (Pra) 22 April - 5 Mei 2021, ketentuan izin perjalanan tidak ada dengan ketentuan dokumen perjalanan hasil negatif PCR atau rapid test antigen 1x24 jam atau hasil negatif GeNose sebelum keberangkatan. Gunakan salah satu di antaranya, bukan ketiganya.

Periode kedua, masa peniadaan mudik 6 Mei - 17 Mei 2021, ketentuan izin pelaku perjalanan kategori dikecualikan bekerja atau dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duku atau meninggal, ibu hamil atau kepentingan melahirkan.

Ketentuan dokumen perjalanan hasil negatif PCR 3x24 jam atau hasil negatif test rapid antigen 2x24 jam atau hasil negatif GeNose sebelum keberangkatan.

Periode ketiga, masa pengetatan mudik (Pasca) 18 - 24 Mei 2021, ketentuan izin perjalanan tidak ada dengan ketentuan dokumen perjalanan hasil negatif PCR atau rapid test antigen 1x24 jam atau hasil negatif GeNose sebelum keberangkatan.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir (BDA) Pangkalpinang, Muhammad Syahril mengaku tidak ada pembatasan pelayanan penumpang pada periode masa pengetatan mudik (Pra) 22 April - 5 Mei 2021.

"Tidak ada, hanya nanti pihak validasi dari KKP memastikan hasil negatif antigen atau GeNose sesuai dengan SE yang baru, untuk tanggal 6 Mei -17 Mei 2021 kita masih nunggu arahan dari satgas," ujar Syahril saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (23/4/2021).

Dalam pelayanan di bandara, PT Angakasa Pura tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI.

Sementara itu, dihubungi terpisah Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan berkas dokumen sesuai dengan surat edaran yang telah terbit.

"Kalau yang mau keluar tetap kita lakukan sesuai SE, kita sudah keluarkan surat edaran, kita lakukan sosialisasi mulai hari ini, agar masyarakat tahu, besok sudah mulai kita berlakukan serentak seluruh Indonesia," kata dr Bangun.

Bagi pelaku perjalanan yang akan berpergian disarankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

"Jadi bagi yang mau keluar dan masuk Babel, sudah ada SE dari satgas nasional bahwa rapid antigen, PCR dan GeNose berlaku 1x24 jam, harapannya mengikuti apa yang berlaku dan jangan lupa tetap patuhi prokes karena Covid-19 itu memang ada," kata dr Bangun.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved