Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE: Berikut Data Vaksinasi di Pangkalpinang, Simak Penjelasan dr Masagus M Hakim

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pangkalpinang, hingga Jumat (23/4/2021), total sasaran vaksinasi di Pangkalpinang sebanyak 28.436 orang.

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Vaksin Covid 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pangkalpinang,
hingga Jumat (23/4/2021), total sasaran vaksinasi di Pangkalpinang sebanyak 28.436 orang.

Vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan pada dosis pertama sudah  sebanyak 2.583 orang atau 98,3 persen. Pada dosis kedua sebanyak 2.362 orang atau 89,9 persen.

Sementara vaksinasi tahap kedua dosis pertama bagi petugas publik sebanyak 10.382 orang atau 78,94 persen. Pada dosis kedua sebanyak 7.124 atau 54,2 persen.

Dosis pertama bagi lanjut usia (lansia) sebanyak 6.977 orang atau 55,12 persen, dan pada dosisi kedua 5.066 orang atau 40,02 persen.

Hingga total sasaran vaksinasi pada penyuntikan pertama sebanyak 19.942 orang dan penyuntikan tahap kedua 14.552 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang dr Masagus M Hakim, Jumat (23/4/2021) menyebutkan, hingga kini pihaknya terus memberikan pelayanan vaksinasi baik melalui Puskesmas ataupun yang diselenggarakan secara masal di beberapa tempat.

Diakui Hakim, proses vaksinasi Kasus Covid-19 di kota ini memang mengalami penurunan, hingga tingkat hunian rumah sakit juga menurun. 

Namun ia tak bisa memastikan, penurunanan ini apakah disebabkan oleh proses vaksinasi atau bukan.

"Mungkin juga karena vaksinasi yang hingga saat ini masih terus gencar kita laksanakan. Memang kelihatannya penerapan vaksin ini cukup terbukti positif di kita yaitu kasus covid menurun, tingkat kematian akibat Covid-19 juga menurun, dan tingkat yang masuk rumah sakit juga menurun sejak proses vaksinasi yang kita jalankan," ungkap Hakim.

Hakim mengatakan, tingkat hunian Intensive Care Unit (ICU) dan tingkat sakit pada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga mengalami penurunan.

"ICU kita banyak yang sudah kosong, karena tingkat yang masuk rumah sakit itu juga menurun. Kalau kasus konfirmasi saat ini lebih memilih untuk melaksanakan isolasi secara mandiri, karena sudah divaksin jadi kasusnya tidak lagi berat," katanya.

Kata Hakim, saat ini vaksinasi memang masih terus berlanjut untuk petugas publik dan Lansia di Kota Pangkalpinang. Untuk jumlah vaksin sendiri akan terus ada penambahan. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved