Breaking News:

Harus Dimengerti, Ini Pola Makan agar Terhindar dari Penyakit Gagal Ginjal

Penumpukan sisa metabolisme ini bisa berakibat fatal sehingga membutuhkan berbagai penanganan termasuk cuci darah rutin.

net
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Gagal ginjal kronis (GGK) merupakan penyakit mematikan yang disebabkan penurunan fungsi organ dalam tersebut.

Ginjal berfungsi menyaring kelebihan cairan dan kotoran dalam darah sebelum dibuang dalam bentuk urin.

Penumpukan sisa metabolisme ini bisa berakibat fatal sehingga membutuhkan berbagai penanganan termasuk cuci darah rutin.

Penyakit yang diderita mendiang Radhar Panca Dahana ini menjadi salah satu pembunuh mematikan bagi warga dunia, termasuk Indonesia.

Prevalensi penyakit ini lebih tinggi pada profesi tertentu, misalnya sopir karena konsumsi minuman berenergi dan soda yang lebih tinggi.

Mengacu pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan tahun 2004, konsumsi minuman itu lebih dari tiga kali per bulan dapat meningkatkan risiko Penyakit Ginjal Kronis (PGK) hingga 25,8 kali.

Selain itu, obesitas, pola makan, dan kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risikonya, seperti hasil riset yang dipublikasikan di Journal of Kidney Disease.

Penelitian ini dilakukan pada 2.300 orang dewasa kulit hitam dan putih dengan rentang usia 28 sampai 40 tahun.

Riset Johns Hopkins University itu membuktikan bahwa makanan berkualitas buruk bisa mempercepat penurunan fungsi ginjal seseorang yang sebelumnya normal.

Misalnya saja makanan olahan, minuman manis, dan natrium. Sementara itu, orang obesitas memiliki risiko dua kali lipat menderita penyakit ini.

Halaman
123
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved