Breaking News:

Tak Seperti Air, Ini Fungsi Pakai Toner Setelah Membersihkan Wajah

Face toner atau toner wajah merupakan salah satu dari serangkaian perawatan kulit dasar yang kini sudah menjadi bagian dari rutinitas skincare.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi perawatan wajah 

BANGKAPOS.COM - Face toner atau toner wajah merupakan salah satu dari serangkaian perawatan kulit dasar yang kini sudah menjadi bagian dari rutinitas skincare.

Toner memang memiliki bentuk yang seperti air. Namun, bukan berarti manfaatnya hanya sebatas seperti air saja.

"Toner wajah secara historis dikembangkan untuk menyeimbangkan pH kulit, karena sabun yang digunakan untuk mencuci wajah akan membuat kulit terlalu basa," jelas Channa Ovits, MD, dokter kulit berlisensi di Westmed Medical Group di Westchester, New York.

Tetapi, Ovits mengatakan bahwa seiring dengan kemajuan zaman, sabun wajah kini telah memiliki pH yang lebih seimbang dibanding sebelumnya.

Toner akhirnya berevolusi untuk menyampaikan bahan aktif yang baik bagi kulit setelah pembersihan wajah dan dapat meningkatkan hidrasi pada kulit.

Tak hanya itu saja, toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit yang akan memulai rutinitas perawatan kulitnya dan mengangkat sisa riasan di wajah.

Toner wajah sering kali mengandung bahan anti-inflamasi, antioksidan, gliserin, dan asam yang menembus kulit dengan cepat dan melapisi kulit untuk siap akan pengaplikasian produk lainnya.

"Toner sekarang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, kekeringan, dan penuaan,"

"Toner yang diformulasikan untuk kulit berjerawat mengandung zat seperti witch hazel, asam salisilat, asam glikolat, niacinamide, dan tea tree oil," kata Ovits.

Sedangkan untuk kulit kering atau sensitif, biasanya menggunakan bahan-bahan dari asam hialuronat, air mawar, kamomil, vitamin E, dan lidah buaya.

Untuk toner anti-aging biasanya mengandung antioksidan seperti vitamin C atau koenzim Q10 (CoQ10) dan retinol.

Stacy Chimento, MD, seorang dokter kulit di Riverchase Dermatology di Miami, mengatakan bahwa kebanyakan toner wajah berfungsi untuk:
- Melembabkan dan menghidrasi
- Menyeimbangkan produksi minyak
- Eksfoliasi kulit
- Mengecilkan pori-pori
- Menyeimbangkan tingkat pH kulit
- Mengurangi jerawat
- Membantu mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit, yang bisa membuat kulit bersinar.

"Toner wajah dapat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat, kulit berminyak, atau mereka yang sering memakai makeup," tambah Chimento. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingkah Pakai Toner Setelah Membersihkan Wajah?"

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved