Breaking News:

Kualifikasinya Sebagai Pasukan Khusus, Segini Gaji Menjadi Anggota Korps Hiu Kencana

Mengemban tugas yang memiliki risiko besar, prajurit Satuan Kapal Selam (Satsel) tak jarang berhadapan dengan kematian kapan saja

intisari-online
Pasukan khusus Korps Hiu Kencana yang bertugas di satuan kapal selam TNI AL salah satunya di KRI Nanggala-402 

BANGKAPOS.COM- Musibah tenggelamnya Kapal Selam kebanggaan Indonesia KRI Nanggala-402 telah menimbulkan luka yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

Pasalnya dalam tragedi itu ada 53 prajurit yang dinyatakan gugur, mereka semua adalah anggota Korps Hiu Kencana dan putra terbaik bangsa.

Pasukan khusus yang bertugas menjaga kedaulatan maritim, dan memikul tugas dengan risiko tinggi seperti yang ditunjukkan oleh kru KRI Nanggala-402.

Mengemban tugas yang memiliki risiko besar, prajurit Satuan Kapal Selam (Satsel) tak jarang berhadapan dengan kematian kapan saja, demi menjaga NKRI.

Meski namanya memang tak setenar Kopassus atau Marinir, ternyata petinggi setingkat menteri dan kepala staf angkatan TNI dan Polri, selalu bersedia menjadi warga kehormatan, dengan menerima Brevet Hiu Kencana.

KRI Nanggala-402
KRI Nanggala-402 (Parapuan)

Misalnya, dalam perebutan Irian Barat, Indonesia membeli 12 kapal selam dari Rusia yang dikirimkan bertahap.

Dilansir dari intisari-online, pada 7 September 1959, kapal selam Rusia tiba di dermaga Surabaya, dan menjadi jajaran senjata ALRI, dengan nama RI Tjakra/S-01 dan RI Nanggala/S02.

Sementara 12 September menjadi hari ulang tahun Hiu Kencana.

Korps Hiu Kencana memiliki motto "tabah sampai akhir" atau "Wira Ananta Rudira", yang mengutip dari pidato Bung Karno di atas kapal RI Tjandrasa 6 Oktober 1966, di dermaga Tanjung Priok, Jakarta.

"Sekali menyelam, maju terus, tiada jalan untuk timbul sebelum menang, Wira Ananta Rudira. tabah sampai akhir."

Halaman
1234
Penulis: Iwan Satriawan (Wan) CC
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved