Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Ini Besaran Zakat Fitrah yang Wajib Dibayar Masyarakat Bangka Tengah, Bayar Beras Lebih Afdol

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Penulis: Sela Agustika
Editor: El Tjandring
(bangkapos.com/Sela Agustika)
Ketua Baznas Bangka Tengah, H Hasyim Syakroni. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Zakat fitrah bersifat wajib bagi setiap umat Islam, baik laki-laki, perempuan dengan rentang usia tua, muda, besar, ataupun kecil.

Bahkan bayi yang lahir pada akhir bulan Ramadhan sebelum matahari terbenam pun wajib untuk membayar zakat fitrah.

Ketua Baznas Bangka Tengah, H Hasyim Syakroni mengatakan besaran zakat fitrah yang wajib dibayar setiap orang di Bangka Tengah, yakni berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kilogram, atau berupa uang tunai sebesar Rp 30.000 per orang.

"Ketentuan Zakat Fitrah di Bangka Tengah ini sudah kita lakukan musyawarah dengan Kementerian Agama," ungkap H Hasyim kepada Bangkapos.com, Selasa (27/4/2021).

Untuk pembayaran zakat fitrah ini, ia menganjurkan masyarakat untuk membayar dalam bentuk kebutuhan pokok atau beras.

"Secara hukum dan afdolnya (lebih baik -red) memang harus dibayar dengan beras atau kebutuhan pokok, karena memang perintahnya adalah kebutuhan  pokok, namun dalam bentuk uang ini juga tidak masalah," kata H Hasyim.

Ia menyebutkan untuk wilayah Bangka Tengah rata-rata masyarakat yang membayar zakat memang lebih dominan ke kebutuhan pokok.

"Sejauh ini di Bangka Tengah, khsususnya di lingkungan Koba memang dominan beras untuk penyerahan zakat, paling ada juga beberapa yang uang," ucapnya.

Ia menuturkan ada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat fitrah, yakni di antaranya fakir, miskin, amil zakat, mualaf, hamba sahaya, orang-orang yang berhutang, fisabilillah, dan Ibnu sabil.

Kata H Hasyim, Zakat Fitrah bisa dibayarkan mulai awal bulan Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri.

"Masyarakat bisa menunaikan membayar zakat fitrah sejak 1 Ramadhan hingga menjelang shalat Idul fitri yang bisa dilakukan di masjid lingkungan setempat atau lembaga amil zakat," tuturnya.

Namun Ia mengatakan, pihak Baznaz tidak menerima pembayaran zakat fitrah dan hanya menerima pembayaran Zakat Maal.

"Untuk zakat fitrah ini memang diserahkan langsung ke masjid-masjid dan kita tidak mengelolah ini, namun untuk Zakat Maal dan lainnya kita memang terima dan kita salurkan langsung ke masyarakat yang berhak menerima," ujarnya.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved