Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Lemhannas Tanyakan Hilarisasi LTJ di Bangka Belitung yang Tak Berjalan Optimal, Begini Jawab Erzaldi

Erzaldi Rosman mengungkapkan banyak hal saat hadir di FGD Pengkajian Lemhannas RI tentang hilirisasi mineral dan logam tanah jarang.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengkajian Lemhannas RI tentang hilirisasi mineral dan logam tanah jarang, di kantor Gubernur Babel, pada Selasa (27/4/2021) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengungkapkan banyak hal saat hadir di Focus Group Discussion (FGD) Pengkajian Lemhannas RI tentang hilirisasi mineral dan logam tanah jarang, di kantor Gubernur Babel, pada Selasa (27/4/2021) siang.

Gubernur berdiskusi terkait pemanfaatan LTJ di Babel bersama Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Lemhannas RI, Reni Mayerni dan anggota lainnya.

Reni mengatakan, tujuan kedatangan mereka untuk mempertanyakan permasalahan pemerintah pusat dan daerah terkait pengoptimalkan logam tanah jarang (LTJ) saat ini.

"Kami tim yang hadir di kantor gubernur, tugas pokok menyelenggaran pengkajian mengenai persoalan Nasional dan Internasional. Ada dua pertanyaan yang ingin ditanyakan, terkait permasalah kendala pemerintah pusat, daerah dan swasta dalam mengoptimalkan LTJ," kata Reni.

Selain itu, ia juga menyampaikan terkait apa upaya hilirisasi sektor pertambangan saat ini yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

"Kedua  bagaimana mewujudkan hilirisasi mineral dan tanah jarang ini. Harapan kami ini dapat memberikan distribusi," katanya.

Senada disampaikan, Anggota Komisi Tujuh DPR RI Bambang Patijaya, mengatakan bahwa di Babel banyak terdapat LTJ.

Namun, hanya baru zirkon yang diatur regulasinya sehingga perlu dilakukan pengaturan untuk memaksimalkan potensi tersebut.

"Mineral yang mengandung logam tanah jarang banyak jenisnya cuman mengandung logam tanah jarang ini belum semua diatur hanya beberapa saja contoh zirkon sudah diatur.”

“Tetapi monazite belum, ilminite seperti apa, mineral lainnya juga, karena belum diatur secara jelas hingga sampai ke bawah.”

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved