Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Mutasi Virus Corona Belum Terdeteksi di Bangka Belitung, Waspadai Warga Asing Asal India

Mikron Antariksa, menyampaikan mutasi kasus baru virus corona di Bangka Belitung belum terdeteksi oleh Satgas Covid-19, Provinsi Babel.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Sekretaris, Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat Live Streaming Bangka Pos. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Provinsi Babel, Mikron Antariksa, menyampaikan mutasi kasus baru virus corona di Bangka Belitung belum terdeteksi oleh Satgas.

Menurutnya untuk mengetahui hal itu perlu pengujian di laboratorium.

"Masih virus lama, kalau untuk mutasi perlu penelitian untuk dikirimkan sampel ke laboratorium dan belum kita lakukan. Karena sepengetahuan Satgas masih varian lama virus yang ada di Babel," kata Mikron kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Kemudian, lanjut Mikron, untuk meningkatkan kewaspadaan masuknya virus Corona varian terbaru ke Babel dilakukan dengan cara melihat warga negara lain yang ingin masuk ke Babel, seperti asal India.

"Seperti pemerintah pusat yang mewaspadai masuknya warga dari India. Agar tidak masuk ke Indonesia dari situ sudah ada upaya pengawasan. Termasuk kita mengawasi apabila ada warga asing yang masuk ke Bangka Belitung, sebagai upaya pencegahan," terangnya.

Selain itu, terkait upaya pelacakan kontak atau tracing untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola yang telah terpapar Covid-19 masih terus dilakukan tim Satgas.

"Masih berjalan terutama di kabupaten/kota seperti di Bangka Barat dan seluruh daerah lainya jadi tetap dikombinasi ada orang yang langsung mau dites karena pernah kontak.”

“Ada juga Satgas yang melakukan tracing, seperti yang di Kelurahan Air Itam baru ini karena kesadaran pernah kontak, termasuk perintah langsung atasan melihat anak buahnya yang sakit diminta tes," kata Mikron.

Dia menegaskan pelaksanaan tracing baiknya dilakukan atas kesadaran warga yang pernah kontak langsung.

"Kemungkinan itu memang ada yang lolos, ada yang tak memberita tahu, karena itu tidak terdeteksi ada miskomunikasi jadi posisi seperti itu kemungkinan ada," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved