Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dapat Aduan Masyarakat, Komnas HAM Tanyakan Masalah Tambang Matras dan Pesaren ke Pemprov Babel

Komnas HAM menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan pengerusakan Lingkungan Pantai Matras - Pesaren, Kabupaten Bangka, akibat tambang timah.

Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Bangka Belitung, Eko Kurniawan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi kantor Gubernur Bangka Belitung, Rabu (28/4/2021).

Komnas HAM menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan pengerusakan Lingkungan Pantai Matras - Pesaren, Kabupaten Bangka, akibat tambang timah.

Pertemuan dilakukan di ruang rapat Romodong Kantor Gubernur Bangka Belitung, bersama Asisten II Yanuar, Kepala DLH Babel Eko Kurniawan, dan PLT ESDM Babel Amir Syahbana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Bangka Belitung, Eko Kurniawan, mengatakan kedatangan Komnas HAM bukan berkaitan dengan pelanggaran HAM yang terjadi di Babel, tetapi lebih ke menindaklanjuti aduan dari masyarakat Matras ke pihak Komnas HAM.

"Mereka bertanya apa sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung terkait aduan masyarakat nelayan Matras dan Perasen," kata Eko Kurniawan kepada Bangkapos.com, Rabu (28/4/2021) di kantor gubernur.

“Kami dari Provinsi sudah memfasilitasi biar nanti juga dapat berdialog dengan PT Timah. Karena PT Timah ini juga bekerja di Izin Usaha Pertambahan (IUP) mereka dan legal juga.”

Eko menambahkan, pihak Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mendukung upaya Komnas HAM menyelesaikan persoalan yang ada di Matras dan Pesaren agar semua kembali kondusif.

"Kami mendudukan dialog ini dapat diselesaikan biar semuanya sama kondusif.

Komnas HAM datang  ke Provinsi Babel karena ada aduan diterima mereka.”

“Kemudian mereka klarifikasi ke sini, karena aduan itu datangnya ke beberapa instansi di pusat. Salah satunya Komnas HAM," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved