Breaking News:

Idul Fitri 2021

Hukum Perempuan Haid dan Anak-Anak Ketika Shalat Idul Fitri, Benarkah Tak Boleh Mendekat?

Hukum Perempuan Haid dan Anak-Anak Ketika Shalat Idul Fitri, Benarkah Tak Boleh Mendekat?

Kolase
ILUSTRASI Contoh Khutbah dan Niat Shalat Idul Fitri 1441 H di Rumah 

BANGKAPOS.COM- 1 Syawal atau Idul Fitri 1442 Hijriah, telah ditetapkan jatuh pada Rabu (12/5/2021). Hari Raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi umat Islam, karena itu, pada hari raya tersebut, Nabi mengajak semua keluarganya ke tanah lapang untuk melaksanakan sholat Ied. 

Shalat Ied di hari raya Idul Fitri merupakan salat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan selepas terbit matahari hingga waktu zuhur tiba. Tetapi, tahukah anda mengenai beberapa hal lain yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebelum melakukan Sholat Idul Fitri? Selain makan, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk mengajak seluruh keluarga datang ke masjid. Tak terkecuali wanita yang sedang haid sekalipun.

Namun, bagi para orangtua yang memiliki anak balita tentu juga ingin membawa buah hatinya merasakan kehangatan dan suasana salat Idul Fitri. Tetapi, sebelum membawa anak ikut shalat ketahui dulu aturannya.

Bagaimana hukum perempuan haid dan anak-anak ketika shalat Idul Fitri ? 

Terdapat satu riwayat yang bisa kita gunakan untuk menjawab ini. Riwayat itu adalah hadis dari Ummu Athiyah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan: 

أُمِرْنَا أَنْ نَخْرُجَ فَنُخْرِجَ الحُيَّضَ، وَالعَوَاتِقَ، وَذَوَاتِ الخُدُورِ فَأَمَّا الحُيَّضُ؛ فَيَشْهَدْنَ جَمَاعَةَ المُسْلِمِينَ، وَدَعْوَتَهُمْ وَيَعْتَزِلْنَ مُصَلَّاهُمْ

“Kami diperintahkan untuk keluar (ketika hari raya), maka kamipun mengajak keluar para wanita haid, para gadis, dan wanita pingitan. Adapun para wanita haid, mereka menyaksikan kegiatan kaum muslimin dan khutbah mereka, dan mejauhi tempat shalat" (HR. Bukhari 981, Muslim 890).

Dari penjelasan hadis di atas bahwa wanita haid di syariatkan untuk tetap menghadiri shalat ied, tetapi :

1. Dia tidak boleh berada di dalam area untuk shalat

2. Dia berada di belakang, yang memungkinkan baginya untuk mendengarkan khutbah ied

Halaman
123
Penulis: Magang6
Editor: Teddy Malaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved