Breaking News:

Advertorial

Miliki Rumah Karantina dan Posko, Pemdes Mislak Siap Bersinergi Berantas Penyebaran Covid-19

Dalam rangka mencegah dan memberantas penyebaran Covid-19 di Bumi Sejiran Setason

Ist (Dian Kurniawan)
Posko Covid-19 dan Rumah Karantina desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam rangka mencegah dan memberantas penyebaran Covid-19 di Bumi Sejiran Setason, Pemerintah Desa Mislak yang di nahkodai oleh Yuzir AU menyediakan fasilitas berupa Rumah Karantina dan Posko Covid-19 yang beralamat di dusun Mislak ll RT 5 RW 2, desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

Sebagai kepala desa, Yuzir AU mengatakan, Rumah Karantina dan Posko Covid-19 ini berfungsi sebagai tempat terpadu untuk pasien positif Covid-19 melewati fase karantina, mendapatkan perawatan pertama dan bimbingan konseling demi menjaga stabilitas psikologi pasien. Berdirinya Rumah Karantina dan Posko Covid-19 Desa Mislak ini merupakan dampak dari arus penyebaran Covid-19 yang cukup kencang di Kabupaten Bangka Barat.  Sehingga membuat pemerintah desa Mislak bergerak cepat melakukan tindakan Preventif untuk menekan laju arus penyebaran Covid-19, umumnya di Kabupaten Bangka Barat dan khususnya di lingkungan desanya.

Peresmian Posko dan Rumah Karantina Covid-19 oleh Plh Bupati Bangka Barat beberapa waktu lalu, Kamis (22/04/2021).
Peresmian Posko dan Rumah Karantina Covid-19 oleh Plh Bupati Bangka Barat beberapa waktu lalu, Kamis (22/04/2021). (Ist (Dian Kurniawan))

"Rumah Karantina dan Posko Covid-19 desa Mislak adalah suatu bentuk tanggung jawab dari pemerintah desa untuk menjaga kondusifitas, dan sebagai bentuk hadirnya pemerintah desa dalam memberikan perhatian kepada warganya yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19," ujarnya kepada Bangkapos.com, Kamis (22/4/2021).

Jubir Covid-19 yang sekaligus Sekretaris desa Mislak, Hajarul Aswad di dampingi kepala desa Mislak, Yuzir AU saat menunjukkan papan informasi dan data grafis Covid-19 di desanya.
Jubir Covid-19 yang sekaligus Sekretaris desa Mislak, Hajarul Aswad di dampingi kepala desa Mislak, Yuzir AU saat menunjukkan papan informasi dan data grafis Covid-19 di desanya. (Ist (Dian Kurniawan))

Rumah Karantina dan Posko Covid-19 Desa Mislak juga adalah bentuk keterlibatan pemerintah desa dalam memberantas penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat. Untuk itulah pemerintah desa yang sebelumnya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan, membagikan hand sanitizer, melakukan sosialisasi, hingga terus mengimbau di beberapa tempat rawan penyebaran Covid-19, semakin gencar mengkampanyekan untuk lawan dan berantas penyebaran Covid-19 dengan mendirikan Rumah Karantina dan Posko Covid-19 di desanya.

Salah satu ruangan di Rumah Karantina Covid-19 desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat
Salah satu ruangan di Rumah Karantina Covid-19 desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat (Ist (Dian Kurniawan))
Ruangan khusus pasien perempuan di Rumah Karantina Covid-19 desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat
Ruangan khusus pasien perempuan di Rumah Karantina Covid-19 desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat (Ist (Dian Kurniawan))

Sementara itu Juru Bicara Penanganan Covid-19 Desa Mislak yang juga Sekretaris Desa, Hajarul Aswad menjelaskan, lokasi Rumah Karantina dan Posko Covid-19 desa Mislak ini merupakan milik warga yang disewakan oleh pemerintah desa.

Rumah Karantina dan Posko Covid-19 ini menyediakan ruangan terpisah antara perempuan dan laki-laki untuk melakukan isolasi mandiri dengan kondisi yang layak.

"Berbagai fasilitas tentunya selain posko petugas medis, juga ada ruang dekontaminasi, konseling kejiwaan, kipas angin di setiap sudut ruangan, ruang sholat, kamar mandi, hingga dapur. Kemudian petugas medis yang berkerjasama dengan Puskesmas kecamatan Jebus serta Satgas Covid-19 kabupaten Bangka Barat, akan disiagakan secara bergantian untuk memantau kondisi kesehatan pasien, katanya.

Personil Posko Covid-19 dan Rumah Karantina desa Mislak lengkap menggunakan peralatan Hazmat
Personil Posko Covid-19 dan Rumah Karantina desa Mislak lengkap menggunakan peralatan Hazmat (Ist (Dian Kurniawan))

Melalui langkah-langkah pencegahan yang dilakukan pemerintah Desa Mislak dalam memberantas penyebaran Covid-19, diharapkan dapat menggugah reaksi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas serta kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan di segala aspek aktivitas.

Kepala desa Mislak, Yuzir AU saat memimpin Apel persiapan Peresmian Posko Covid-19 dan Rumah Karantina di desanya, Kamis (22/04/2021).
Kepala desa Mislak, Yuzir AU saat memimpin Apel persiapan Peresmian Posko Covid-19 dan Rumah Karantina di desanya, Kamis (22/04/2021). (Ist (Dian Kurniawan))

"Mari kita semua lawan dan berantas penyebaran Covid-19 di lingkungan desa kita, pertama-tama tentu jaga dan konsisten untuk menjalankan Protokol Kesehatan, karena kalau sudah kena, akibat abainya kita, selesai lah sudah, tentu itu bukan harapan kita semua, apalagi kami selaku pemerintah Desa, Ayo Cegah dan Berantas Covid-19," tegas Yuzir AU.(Advertorial/*).

Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved