Breaking News:

BPJS Kesehatan Apresiasi Komitmen Pemkab Belitung Dukung Sustainabilitas JKN-KIS

Pemerintah Kabupaten Belitung menjadi kabupaten pertama yang meraih penghargaan dari BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang.

ist
BPJS Kesehatan Apresiasi Komitmen Pemkab Belitung Dukung Sustainabilitas JKN-KIS 

BANGKAPOS.COM – Pemerintah Kabupaten Belitung menjadi kabupaten pertama yang meraih penghargaan dari BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang atas komitmennya dalam mengimplementasikan Permendagri Nomor 119 Tahun 2019 tentang Pemotongan, Penyetoran, dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa, Senin (19/04/2021).

Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie.

“Tentunya penghargaan ini menambah semangat kami dalam bekerja untuk memastikan seluruh perangkat desa memiliki jaminan kesehatan,” ucapnya.

Ia juga berharap hal tersebut menjadi motivasi bagi jajaran kepala desa dan perangkat desa dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Langkah ini merupakan hasil komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung untuk memastikan seluruh kepala desa dan perangkat desa setempat terlindungi JKN-KIS. Kami berharap dengan seluruh aparatur desa mendapatkan jaminan kesehatan dapat berdampak positif dan semakin produktif dengan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Belitung telah mendaftarkan seluruh kepala desa dan aparatur desa ke dalam Program JKN-KIS melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Belitung dengan BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang pada bulan Februari lalu.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung Dicky Permana Putra menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belitung atas dukungan dan perhatian kepada Program JKN-KIS.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Belitung atas dukungannya serta perhatian yang begitu tinggi terhadap Program JKN-KIS dengan pencapaian UHC sejak 2018,” ucapnya.

Ia menambahkan, BPJS Kesehatan akan selalu mendukung program Pemerintah Kabupaten Belitung terhadap peningkatan pelayanan kesehatan dan untuk mendorong cakupan kepesertaan JKN-KIS.

“Integrasi kepala desa dan perangkat desa merupakan yang pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini telah disiapkan sejak pertengahan tahun 2020, baru dapat terimplementasi karena pemerintah daerah menyiapkan dukungan regulasi terkait."

"Kami akan terus bersinergi dengan seluruh OPD terkait untuk mengawal implementasi Universal Health Coverage (UHC) dan upaya optimalisasi rekrutmen peserta terutama dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dan segmen lain yang potensial,” katanya.

Capaian integrasi kepesertaan kepala desa dan perangkat desa Kabupaten Belitung adalah 1.002 peserta dari total 362 perangkat desa dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 640 jiwa.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada dua instansi Pemerintah Kabupaten Belitung yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, pemerintahan desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung. (*)

Penulis: iklan bangkapos
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved