Breaking News:

Berita Bangka Barat

Deteksi Covid-19 Menggunakan GeNose Segera Diberlakukan di Pelabuhan Tanjung Kalian

GM PT. ASDP Muntok, Sugeng Purwono mengungkapkan, penerapan alat tes GeNose akan diberlakukan dalam waktu dekat di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Sidak Bupati Bangka Barat, Sukirman bersama forkopimda di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kamis (29/04/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - General Manager (GM) PT. ASDP Muntok, Sugeng Purwono mengungkapkan, penerapan alat tes GeNose akan diberlakukan dalam waktu dekat di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

"Kalau GeNose sudah disampaikan bapak Bupati Sukirman dan nanti Pak Gubernur akan meninjau, ke Pelabuhan Tanjung Kalian untuk secepatnya GeNose itu akan diberlakukan," ujar Sugeng, Kamis (29/04/2021).

Terkait hal tersebut Sugeng memastikan penerapan alat tes GeNose yang dapat menjadi alternatif masyarakat untuk tes Covid-19, akan diberlakukan sebelum tanggal larangan mudik yakni 6-17 Mei 2021.

"Paling dalam minggu ini sudah tersedia alat GeNose itu, sebelum 6 Mei jadi sebelum larangan mudik. Nanti akan ada satu alat dari Provinsi untuk Pelabuhan, saya rasa satu alat itu sudah cukup untuk mengcover kebutuhan di Pelabuhan Tanjung kalian ini," katanya menjelaskan.

Selain itu Sugeng menegaskan akan tetap mengikuti prosedur yang ditetapkan pemerintah, terkait alur penumpang khususnya di moda transportasi laut.

"PT. ASDP mengikuti saja jadi persyaratan, itu kan di sini ada tim gugus pengendalian covid-19. Nanti tim kesehatan yang berhak menentukan, kalau kami jika semua sudah layak persyaratan ya berangkat. Kita hanya menerima saja kalau tidak ya tidak akan kita berangkatkan, karena kami siap mendukung kebijakan pemerintah," katanya.

Sementara itu Bupati Bangka Barat, Sukirman merespon baik adanya tes GeNose yang akan diberlakukan di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

"Tes Genose ini dari Provinsi, jadi kita dapat satu alat GeNose untuk di Pelabuhan. Kenapa harus ada tes GeNose karena kita  tahu supir yang membawa sembako, kalau mereka harus rapid test dua orang udah setengah juta," tutur Sukirman.

Lebih lanjut dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan tes antigen, Sukirman mengatakan penerapan tersebut akan mengurangi beban masyarakat penggunaan moda transportasi.

"Dampaknya bisa kolaps pasokan untuk sembako kita, jadi kita cari solusi bersama Pak Gubernur akan membawa GeNose ke Bangka Barat. Kalau pun berbiaya itu murah di bawah Rp 50 ribu, kalau barang sudah ada akan langsung kita sediakan," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved