Breaking News:

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Adakan Seminar Administrasi dan Keuangan dalam Organisasi.

Seminar Administrasi dan Keuangan dalam organisasi ini mengangkat tema “Memahami dan meningkatkan pengelolaan adm, keuangan, dan

Editor: nurhayati
IAIN SAS Bangka Belitung
Seminar Administrasi dan Keuangan dalam organisasi 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Seminar Administrasi dan Keuangan dalam organisasi ini mengangkat tema “Memahami dan meningkatkan pengelolaan administrasi, keuangan, dan kearsipan untuk menciptakan organisasi yg taat aturan dan tertib administrasi.” dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Pascasarjana Lantai 2 IAIN SAS Bangka Belitung, Rabu (28/04/2021).

Peserta yang hadir merupakan Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas syariah dan ekonomi Islam (FSEI) IAIN SAS Bangka Belitung.

Sebanyak 25 peserta yang merupakan perwakilan dari Senat Mahasiswa Fakultas, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan mahasiswa .

Seminar Administrasi dan Keuangan dalam organisasi ini adalah kegiatan untuk melatih bagi pengurus Sema, DEMA Fakultas, Hima Prodi di Fakultas Syariah dan ekonomi Islam dalam hal tata cara administrasi yang baik di dalam suatu organisasi, cara pembuatan surat, dan pengelolaan keuangan.

Seminar ini dilakukan dengan cara penyampaian materi dan praktek, sehingga peserta dituntut paham dan bisa dari membuat surat sampai dengan pelaporan kegiatan. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus Sema Fakultas, Hima Prodi  dengan pemateri  dari JPT Arsiparis Dra.Enita Sari,M.E  dan JPT Analis Pengelolaan Keuangan APBN Nelly Sanawiyah,S.Sos.,M.M

Dalam menyampaikan materi, Nelly menyampaikan bahwa kegiatan ini penting diadakan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi.

“Mahasiswa dituntut dapat berorganisasi dan paham administrasi, karena setiap kegiatan tidak pernah lepas dari administrasi. Seperti halnya materi pengelolaan keuangan, yang mencakup, perencanaan, pelaksanaan, pencairan dan pelaporan kegiatan dan keuangan. Sebab setiap uang negara yang digunakan harus dipertanggung jawabkan, dengan melengkapi bukti-bukti penggunaan keuangan tersebut," ungkap Nelly.

Ia  berpesan agar pada saat pelatihan berlangsung peserta dapat menyerap materi dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan mengingat kondisi saat ini masih berada pada situasi pandemi covid 19 dan sedang melaksanakan ibadah puasa.

Nelly juga sebagai Narasumber  pada seminar ini  menjelaskan kepada peserta mengenai proses melaksanakan kegiatan dari perencanaan seperti mekanisme pengusulan SK, sampai dengan proses laporan keuangan dan laporan kegiatan.

Serta peserta diajak praktek langsung pembuatan surat, pengusulan RAB sesuai SBM (standar biaya masukan) dan SBI (standar biaya Internal) dan didukung TOR kegiatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved