Breaking News:

Harus Dimengerti, Inilah 8 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa kesalahan umum yang dilakukan dan jadi penyebab lamaran kerja ditolak.

Harus Dimengerti, Inilah 8 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak
Dok
MEMILIH KERJA -- Anak-anak lulusan SMK di Kabupaten Bangka Barat, menulis surat lamaran untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta di daerahnya, Selasa (3/6/2014).

BANGKAPOS.COM - Ketika mengirimkan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan, tentu kita berharap bakal dipanggil untuk mengikuti seleksi karyawan tahap selanjutnya.

Sayangnya, tidak semua lamaran kerja diterima dan dianggap memenuhi kualifikasi.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa kesalahan umum yang dilakukan dan jadi penyebab lamaran kerja ditolak.

1. Tidak mengikuti instruksi
Perekrut biasanya mencantumkan persyaratan khusus pada pengumumkan lowongan kerja. Bacalah baik-baik persyaratan tersebut dan ikuti jika ada instruksi yang diberikan.

Gagal mengaplikasikan instruksi ke dalam surat lamaran kerja bisa membuat lamaran kita ditolak karena perekrut menganggap kita tidak memerhatikan hal detil dengan teliti.

2. Ada kesalahan tulis
Kesalahan tulis seperti kesalahan pengejaan atau kesalahan grammar (jika lamaran kerja ditulis dalam bahasa asing) juga menjadi nilai minus dari surat lamaran kerja kita.

Jika tahu diri kita tidak mampu menulis dengan baik dan benar, ada baiknya meminta bantuan orang yang lebih mahir untuk mengecek terlebih dahulu surat lamaran kerja kita sebelum mengirimkannya.

Satu atau dua kesalahan kecil mungkin tidak terlalu mengganggu, namun jika kesalahannya banyak tentu akan memengaruhi penilaian secara keseluruhan.

3. Tak nyaman dibaca
Buatlah surat lamaran kerja yang nyaman dibaca. Surat lamaran yang terlalu panjang dan berisi detil-detil yang kurang penting memang tidak disarankan.

Namun, surat lamaran kerja yang terlalu pendek atau terlalu disingkat-singkat juga sering kali tidak bisa dibaca.

Halaman
1234
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved