Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Larangan Mudik Bikin Bisnis Rental Mobil Pangkalpinang Merana, Sudah Banting Harga Masih Tetap Sepi

Kebijakan larangan mudik membuat pengusaha rental mobil di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung merasa dirugikan.

Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Sejumlah mobil terparkir rapi di garasi rental mobil, Kamis (29/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kebijakan larangan mudik membuat pengusaha rental mobil di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung merasa dirugikan.

Selama pandemi Covid-19 tahun 2020 omzet pengusaha rental mobil turun hingga 70 persen. Ditambah tahun ini pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik membuat pemilik sewa mobil semakin menjerit.

Dedy (49), seorang pemilik Dedy rental mobil di Pangkalpinang mengatakan, biasanya di pertengahan bulan Ramadhan sudah banyak konsumen yang memesan (booking) mobil untuk disewa.

Namun sekarang sangat sulit untuk mendapatkan orderan rental. Padahal, kata dia, momentum itu biasanya bisa menjadi titik balik pertumbuhan ekonominya.

"Sejak dua tahun terakhir sudah mulai sepi bahkan turun 70 persen, biasanya ada hingga dua mobil jenis multi guna (MVP-red) disewa untuk dibawa mudik keluar provinsi, sejak pelarangan mudik belum ada satupun yang booking," kata dia kepada Bangka Pos, Kamis (29/4/2021).

Selama 25 tahun lebih bergelut di bisnis sewa mobil, ia juga mengaku kecewa dengan adanya larangan mudik.

Padahal biasanya, enam unit mobil miliknya semuanya habis diorder oleh konsumen luar daerah untuk pergi liburan.

Selain itu, untuk mengatasi sepinya orderan ia juga mengatur strategi dengan memberikan potongan harga sewa sebesar 15 persen dari harga biasa, namun hal itu masih juga tak berdampak.

"Kan sudah dua tahun terakhir dilarang mudik, saya juga bingung. Biasa semua mobil sudah mulai di booking dipertengahan Ramadhan, terutama para pemudik yang pulang ke Bangka," ujar Dedy.

Kendati demikian ia berharap, pemerintah dapat memberikan solusi tentang larangan mudik tahun ini, agar pengusaha rental mobil tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Magang1
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved