Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Panitia Amil Zakat Tak Dibenarkan Jual Beli Beras Zakat Fitrah, Berikut Penjelasan Jamaludin

Panitia amil zakat tidak dibenarkan untuk melakukan jual beli beras yang dibayarkan oleh para muzaki sebagai zakat fitrah

bangkapos.com
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan, Jamaludin.(Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Panitia amil zakat tidak dibenarkan untuk melakukan jual beli beras yang dibayarkan oleh para muzaki sebagai zakat fitrah. Jual beli atas beras zakat yang telah terkumpul tidak boleh dilakukan karena beras itu adalah hak atau milik para mustahik yang seharusnya disalurkan kepada para mustahik.

"Jadi untuk beras yang sudah dikumpulkan di setiap mesjid itu nantinya akan kembali diserahkan kepada para mustahik dan tidak dibenarkan untuk diperjualbelikan lagi," tega Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jamaludin, Kamis (29/4/2021).

Hal ini lanjut Jamaludin telah tertuang di dalam Surat Edaran Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan Nomor 510/Kk.29.05.S.4/BA.03.2/04/2021 tentang penetapan nilai zakat fitrah, zakat mal, fidyah dan zakat profesi untuk Wilayah Kabupaten Bangka Selatan pada Tahun 2021 M/1442 H.

Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, Jamaludin juga mengimbau agar pelaksanaan penyerahan beras zakat kepada para mustahik diantar langsung oleh panitia amil.

Pengantar langsung ini lanjutnya diharap dapat menjadi solusi agar tidak adanya pengumpulan orang di mesjid.

"Untuk mencegah penyebaran Covid-19, zakat yang akan disalurkan harus diantar langsung oleh panitia amil ke rumah mustahik supaya tidak ada pengumpulan orang di mesjid," ujar Jamaludin.

Ia turut berharap agar para muzaki atau pembayar zakat dan panitia amil saat melakukan proses pembayaran Zakat Fitrah tetap menerapkan protokol kesehatan. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved