Breaking News:

Berita Sungailiat

Pemekaran Dusun Tanjung Ratu Jadi Desa Belum Bisa Diakomodir

Bupati Bangka Mulkan mengakuinya adanya banyak aspirasi masyarakat, khususnya beberapa dusun ingin dimekarkan menjadi desa baru

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan dalam kegiatan Evaluasi APBDes TA 2020 di Kecamatan Sungailiat khususnya Desa Rebo di Kantor Kecamatan Sungailiat, Kamis (29/04/2021). 

BANGJAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan mengakuinya adanya banyak aspirasi masyarakat, khususnya beberapa dusun ingin dimekarkan menjadi desa baru, termasuk Dusun Tanjung Ratu Desa Rebo menginginkan menjadi Desa Tanjung Ratu saat ini belum bisa diakomodir.

Pasalnya saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium dan juga persyaratan jumlah penduduk saat ini belum memenuhi persyaratan.

"Saat ini Desa Rebo terdiri dari 3 dusun yaitu Dusun Rebo, Karang Panjang dan Tanjung Ratu dengan total jumlah penduduk 4.700 KK, sedangkan persyaratan pemekaran desa itu minimal 4.000 KK jadi saat ini masih sulit untuk memekarkan Dusun Tanjung Ratu menjadi desa baru," kata Mulkan usai kegiatan Evaluasi APBDes TA 2020 di Kecamatan Sungailiat khususnya Desa Rebo di Kantor Kecamatan Sungailiat, Kamis (29/04/2021).

Dilanjutkannya, namun nanti kita lihatlah bagaimana perkembangan yang terjadi di negara saat ini apakah nanti ada kebijakan-kebijakan lainnya.

"Apalagi kondisi pemerintah saat ini ada masih ada wabah pandemi Covid-19 sehingga terfokus pada bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi masyarakat," imbuh Mulkan.

Diakuinya aspirasi masyarakat untuk meminta pemekaran desa baru ini cukup banyak, seperti dari Desa Bukit Layang, Cungfo, Mendo Barat dan lainnya.

"Selaku Pemkab Bangka kita tetap harus mengakomodir aspirasi masyarakat, itu sah-sah saja dan juga perlu didorong, namun kondisi pemerintah pusat saat ini belum memungkinkan untuk melakukan hal itu apalagi kalau desa baru itu pemerintah pusat terbebani harus membantu ADD nya, mungkin kalau untuk pemekaran kelurahan baru itu tidak terlalu membebani pemerintah pusat," tukas Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved