Breaking News:

Tetap Disarankan Dilakukan, Ini Tips Berolahraga Saat Puasa

Meskipun menjalankan puasa, kita tetap disarankan berolahraga agar kondisi tubuh tetap prima dan kondisi imunitas tetap terjaga.

Freepik
Ilustrasi olahraga - Simak enam rekomendasi alat olahraga di rumah, ada yang seharga Rp 50 ribuan. Mulai gymball hingga tali skipping. 

BANGKAPOS.COM - Berolahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan yang sudah lama dianjurkan agar kita tetap bugar dan bahagia.

Karenanya, meskipun menjalankan puasa, kita tetap disarankan berolahraga agar kondisi tubuh tetap prima dan kondisi imunitas tetap terjaga.

Walau saat menjalankan Ibadah puasa kita sering merasa lemas, berolahraga masih mungkin dilakukan dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa tips berikut :

1. Waktu olahraga
Memperhatikan kapan waktu olahraga yang tepat saat menjalankan puasa merupakan hal yang sangat penting, karena jika tidak dilakukan di waktu yang benar, seseorang justru bisa mengalami kelelahan fisik berlebih.

Terdapat 3 waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan ramadan, antara lain pada saat sebelum sahur, setelah buka puasa, dan setelah Isya.

Intinya, lakukan olahraga di saat kita kemudian bisa minum agar cairan yang hilang bisa digantikan.

Lamanya berolahraga pun harus dibatasi kurang dari 60 menit sekali latihan dan untuk olahraga kardio disarankan hanya sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

2. Asupan makanan
Pada saat bulan ramadan, waktu mengkonsumsi makanan kita dibatasi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Sekalipun secara kuantitas berkurang, namun disarankan untuk tetap memilih makanan bernutrisi guna memenuhi kebutuhan tubuh.

Selain itu, disarankan pula agar memakan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah yang bertujuan untuk mencadangkan karbohidrat di dalam tubuh.

Halaman
123
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved