Breaking News:

Idul Fitri 2021

7 Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Melaksanakan Shalat Idul Fitri

Sunnah-sunnah tersebut biasanya dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut merupakan beberapa sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat idul fitri

Tribunsumsel.com/unsplash
Ilustrasi Sholat 

BANGKAPOS.COM -  Hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu oleh umat beragama islam. Tentunya, mereka menyambutnya dengan penuh sukacita karena di hari tersebut menjadi hari yang baik untuk bermaaf-maafan, serta berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta.

Hari raya idul fitri pun tak lepas dari momentum kegiatan shalatnya. Masjid-masjid, atau lapangan biasanya akan ramai menjadi tempat berkumpul umat muslim untuk melaksanakan shalat idul fitri. Dalam pelaksanaan shalat ini terdapat beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan untuk menambah pahala.

Sunnah-sunnah tersebut biasanya dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut merupakan beberapa sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat idul fitri.

Mengumandangkan takbir

Mengumandangkan takbir sebelum sebelum shalat Idul Fitri termasuk sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Mengumandangkan takbir tersebut biasanya sudah dilakukan sejak malam hari sebelum shalat Idul Fitri, karena itulah disebut sebagai malam takbiran. 

Pada saat malam takbiran, biasanya masjid-masjid akan memperdengarkan takbir hingga jelang hari raya Idul Fitri. 

Dalam kitab Raudlatut Thalibin pun dianjurkan untuk memperdengarkan kumandang takbir pada malam hari raya, sejak terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari raya Idul Fitri. 

Mandi sebelum shalat Idul Fitri

Aktivitas mandi sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri juga menjadi satu diantara sunnah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW

Halaman
123
Penulis: Magang5
Editor: Teddy Malaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved